On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Termasuk Partai Gelora, 19 Parpol Siap Jadi Calon Peserta Pemilu 2024 di Salatiga

LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 29 Juli 2022, 00:22 WIB
Termasuk Partai Gelora, 19 Parpol Siap Jadi Calon Peserta Pemilu 2024 di Salatiga
Koordinasi KPU Salatiga dengan partai politik calon peserta Pemilu 2024/RMOLJateng
Semarak Pemilu Serentak 2024 di Salatiga tampaknya akan makin meriah seiring bertambahnya 3 partai politik (parpol). Mereka adalah Partai Ummat (PU), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Ketua Komisioner KPU Salatiga, Syaemuri menjelaskan, pada Pemilu 2019 parpol peserta pemilu di kota tersebut sebanyak 16 buah. Namun berdasarkan verifikasi KPU pusat, terdapat tiga parpol baru yang bergabung.

Terkait kegiatan ini, disebutkan merupakan tidak lanjut dari perintah surat provinsi untuk menyelenggarakan rapat koordinasi sekaligus sosialisasi tentang pendaftaran dan verifikasi partai politik yaitu sosialisasi peraturan KPU nomor 4 Tahun 2022.

Karena hal ini menjadi agenda awal yang perlu disampaikan kepada seluruh peserta pemilu dilanjutkan serta pemangku kepentingan.

KPU Salatiga, ditambahkannya, melalui kegiatan ini dibantu untuk menyampaikan informasi kepada seluruh para pihak-pihak terkait yang ada di kota Salatiga.

"Ini agar pelaksanaan pendaftaran dan verifikasi itu bisa berjalan dengan baik, karena informasinya sudah diterima masing-masing Parpol," ucapnya kepada Kantor Berita RMOLJateng, di Gedung UPU Salatiga, Kamis (28/7).

"Oleh karena itu, kami mengundang perwakilan Parpol untuk mengikuti tahap awal dari proses tahapan Pemilu di antaranya pendaftaran dan verifikasi partai politik mulai tanggal 29 sampai tanggal 31 Juli ini," imbuhnya.

Agenda selanjutnya, adalah pengumuman pendaftaran serta tanggal 1-14 Agustus 2022 dilakukan proses pendaftaran dan penyampaian dokumen kepada KPU.

Setelah itu baru dilaksanakan verifikasi administrasi, proses pengumuman hasil verifikasi, proses perbaikan dan tanggal 14 Desember itu tahap penentuan peserta Pemilu 2024.

"Semua tahapan mengacu pada pusat, karena untuk Pemilu 2024 ini mulai pendaftaran semuanya dilakukan secara sentralistik," jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Ummat Salatiga Abdul Aziz mengaku optimistis untuk bisa mendapat satu atau dua kursi di DPRD Salatiga.

"Yang masuk di Partai Ummat adalah wajah baru. Tiga kecamatan di Salatiga sudah mengantongi SK. Sedangkan di Kecamatan Tingkir, masih dalam tahap penyelesaianpenyelesaian administrasi," ujar Abdul Aziz kepada wartawan.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA