Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Minimalisir Sengketa, Bawaslu Warning Parpol Lengkapi Data Persyaratan di Sipol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 29 Juli 2022, 11:21 WIB
Minimalisir Sengketa, Bawaslu <i>Warning</i> Parpol Lengkapi Data Persyaratan di Sipol
Anggota Bawaslu RI, Totok Hariyono/Net
rmol news logo Pengumpulan data persyaratan peserta Pemilu Serentak 2024 melalui sistem informasi partai politik (Sipol) diminta segera diselesaikan partai politik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Anggota Bawaslu RI, Totok Hariyono mendorong parpol menyelesaikan pengumpulan data persyaratan ke Sipol yang disediakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pencegahan sengketa.

"Nanti kita melakukan pendampingan. Kami terima kasih karena dikasih akses KPU. Kami nanti akan melakukan pencegahan memberitahukan ke kawan peserta (parpol)," ujar Totok saat ditemui di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/7).

"Tolong dilengkapi, minimal kita beri warning ke peserta pemilu. Itu saja yang bisa kita lakukan sebagai bentuk pencegahan," sambungnya.

Langkah pencegahan berupa imbauan menyelesaikan input data persyaratan di Sipol bertujuan untuk meminimalisir gugatan permohonan.

"Supaya begitu selesai, tidak ada lagi gugatan permohonan. Dan kita sudah memberikan upaya yang patut buat memberi peringatan kepada kawan peserta untuk melengkapi," ucapnya.

Totok menegaskan, Bawaslu sebagai lembaga pengawasan pemilu tidak hanya memiliki fungsi pengawasan dan penindakan, tapi juga imbauan kepada peserta pemilu maupun penyelenggara pemilu.

"Itu upaya yang paling mungkin yang kita lakukan ke peserta pemilu yang mendaftarkan diri jadi peserta Pemilu 2024," demikian Totok. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA