Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ma'ruf Amin Netral di Pilpres 2024, Jamiluddin Ritonga: Cermin Negarawanan

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 29 Juli 2022, 14:56 WIB
Ma'ruf Amin Netral di Pilpres 2024, Jamiluddin Ritonga: Cermin Negarawanan
Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga/RMOL
Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin mengaku tidak mendukung siapapun kandidat calon presiden dan wakil presiden yang bakal maju dalam kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga berpendapat, sudah benar sikap KH Ma’ruf Amin dengan bersikap netral dengan tidak mengusung calon presiden manapun. Jamiludin mengatakan sikap mantan Ketua Umum MUI itu perlu diapresiasi.

"Sikap netral Wapres cermin kenegarawannya yang layak dicontoh pemimpin negeri. Netralitasnya akan memberi harapan terlaksananya Pileg dan Pilpres 2024 yang jujur dan adil,” ucap Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (29/7).

Dia menambahkan, netralitas Wapres juga diharapkan dapat mengurangi polarisasi di tengah masyarakat. Kehadirannya juga dapat mengurangi potensi konflik diantara pendukung pasangan Capres yang berkontestasi.

"Polarisasi dan konflik itu akan lebih dapat diminimalkan lagi bila Presiden Joko Widodo juga bersikap netral. Jokowi bersama Ma'ruf Amin akan dapat mengendalikan penyelenggara agar tetap taat azas dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya,” katanya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA