Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Syarat Tidak Mudah, PDIP: Pilpres 2024 Idealnya 3 Paslon Paling Banyak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 31 Juli 2022, 20:55 WIB
Syarat Tidak Mudah, PDIP: Pilpres 2024 Idealnya 3 Paslon Paling Banyak
Ilustrasi Pemilu 2024/Net
rmol news logo Ambang batas pencalonan presiden atau Presidential Threshold (PT) menjadi kendala bagi partai politik untuk menentukan calon presiden yang akan diusung pada Pemilu 2024 mendatang.

Sesuai aturan yang termaktub dalam UU Pemilu, partai politik dibebankan PT 20persen sebagai syarat utama mengusung calon presiden dan wakil presiden pada pemilu mendatang.

Bagi Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, PT 20 persen merupakan syarat Pemilu yang tidak mudah untuk dicapai. Atas dasar itu, ia berpendapat bahwa paling ideal calon presiden pada Pemilu mendatang dimungkinkan tiga pasangan calon.

"Di dalam konteks yang ideal, mengingat syarat-syarat menang Pemilu tidak mudah karena itu basis legitimasi seorang pemimpin nasional kita, tentu paling ideal itu 2 Paslon atau 3 paslon paling banyak,” kata Hasto di DPP PDI Perjuangan, Minggu (31/7).

Menurutnya, Pemilu yang akan datang digelar seefisien mungkin. Selain itu, Hasto berharap Pemilu 2024 mendatang dapat melahirkan pemimpin yang baik.

Ia mengakui bahwa PDIP secara simultan melakukan berbagai simulasi pelaksanaan Pemilu. Teknisnya, dengan menyesuaikan konteks sosial dan politik yang tidak terlepas dari dinamika politik internasional.

"Jelas kita ingin Pemilu itu efisien, Pemilu itu efektif, dan mampu melahirkan kepemimpinan nasional yang hebat,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA