Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Darurat Perdagangan Manusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 02 Agustus 2022, 09:36 WIB
Indonesia Darurat Perdagangan Manusia
Ketua DPR RI, Puan Maharani/net
rmol news logo Pemerintah diminta serius dalam menjalin kerja sama lintas negara agar para WNI yang bekerja di luar negeri mendapatkan perlindungan dari negara.

Ketua DPR RI, Puan Maharani secara khusus menyoroti kasus penyekapan 62 WNI di Kamboja yang berhasil diselamatkan KBRI Pnom Penh dari sindikat penipuan pekerja.

“Kerja sama lintas negara harus ditingkatkan. Dan tentunya lakukan penegakan hukum yang tegas kepada para pelaku perekrut PMI di dalam negeri,” kata Puan lewat keterangannya, Senin (1/8).

Dengan kerja sama yang baik, kata Puan, Indonesia bisa mendorong para sindikat pelaku ini mendapat hukuman setimpal. Selain itu, upaya pencegahan juga lebih bisa dimaksimalkan.

Mantan Menko PMK itu pun mendorong pemerintah dan instansi terkait untuk menelusuri berbagai kasus perdagangan orang berkedok sistem perekrutan tenaga kerja secara daring. Puan menilai, Indonesia sudah mengalami darurat perdagangan manusia karena banyaknya kejadian buruk yang menimpa PMI.

“Mereka (pelaku) memanfaatkan kondisi pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang kehilangan pekerjaan sehingga menambah kerentaan pekerja migran menjadi korban perdagangan orang,” ucapnya.

Pihaknya juga meminta agar aparat penegak hukum, dalam hal ini Polri bisa melakukan proses penyelidikan dan penyidikan sejumlah lembaga perekrutan pekerja Indonesia keluar negeri.

“Polri juga perlu menggencarkan penelusuran di dunia digital karena banyak sindikat penipu melakukan perekrutan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi,” demikian Puan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA