Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Iwan Sumule Yakin Koalisi PDIP dan Gerindra Garansi Kemenangan Pilpres 2024

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 03 Agustus 2022, 14:53 WIB
Iwan Sumule Yakin Koalisi PDIP dan Gerindra Garansi Kemenangan Pilpres 2024
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto/Net
Koalisi PDI Perjuangan dengan Partai Gerindra bisa menjadi garansi kemenangan untuk Pilpres 2024 mendatang. Terlebih dalam survei terbaru yang dirilis Litbang Kompas, kedua partai masih kokoh berada di urutan pertama.

Begitu yakin Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, sesaat lalu, Rabu (3/8).

Menurutnya, koalisi itu akan kian kokoh jika PKB bergabung. Alasannya, karena ketiga partai memiliki basis suara yang loyal dan tidak akan berpindah ke lain hati.

“Jika merujuk survei Kompas, koalisi Gerindra dan PDIP, apalagi ditambah PKB, sangat berpotensi memenangkan Pilpres 2024. Loyalis pemilihnya banyak,” tegasnya.

Atas alasan itu, Iwan Sumule menilai amatan para pengamat hingga kicauan buzzer di media sosial yang terus mempertentangkan antara Gerindra dan PDIP adalah tidak berdasar. Sebab, koalisi keduanya adalah garansi kemenangan pilpres.

“Maka keliru jika mau diprovokasi agar tak berkoalisi. Karena akan kecil peluang memenangkan Pilpres 2024,” demikian Iwan Sumule.

Survei periodik ini dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis di tingkat 34 provinsi Indonesia. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error 2,8 persen.

Dalam survei ini, PDIP dan Gerindra berada di posisi pertama dan kedua di papan atas. PDIP dengan 22,8 persen dan Gerindra 12,5 persen.

Sementara PKB berada di urutan pertama untuk kategori partai papan menengah dan bawah, dengan mengantongi elektabilitas 5,4 persen.

ARTIKEL LAINNYA