Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

KPU Jambi Benarkan Ada Pencatutan Nama Anggota di Dua Kabupaten oleh Parpol

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 04 Agustus 2022, 13:41 WIB
KPU Jambi Benarkan Ada Pencatutan Nama Anggota di Dua Kabupaten oleh Parpol
Anggota KPU Provinsi Jambi Suparmin/Net
Pencatutan nama anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) di lingkup Provinsi Jambi oleh partai politik (parpol) tersebar di dua wilayah berbeda.

Hal tersebut sebagaimana diakui anggota KPU Provinsi Jambi Suparmin saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (4/8).

Suparmin menjelaskan, hingga siang ini sudah ada dua anggota KPU di wilayahnya yang dicatut oleh parpol untuk dimasukkan ke dalam daftar anggota parpol di dalam sistem informasi partai politik (Sipol).

"Iya (ada pencatutan nama anggota) di KPU Kabupaten Batanghari dan KPU Kabupaten Bungo," ujarnya.

Suparmin menegaskan, pencatutan nama keanggotaan parpol di Sipol baru ditemukan di dua wilayah tersebut dan bukan di struktur pimpinan KPU Provinsi Jambi.

"Jadi yang benar di lingkup KPU Provinsi Jambi," sambungnya.

Meski begitu, Suparmin memastikan bahwa nama anggota KPU Batanghari dan KPU Kabupaten Bungo sama sekali tidak diketahui oleh yang bersangkutan.

"Tapi komisioner KPU kab/kota yang namanya tercatat sebagai anggota parpol tanpa sepengetahuan mereka," tandasnya.

Lebih lanjut, Suparmin menyatakan bahwa saat ini juga tercatat sejumlah staf di KPU terkait yang namanya juga dicatut salah satu parpol.

"Sehingga masing-masing kita terus melakukan pemeriksaan data pribadi di https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik guna memastikan apakah terdaftar sebagai anggota parpol atau tidak," demikian Suparmin.

ARTIKEL LAINNYA