Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Optimis Pertumbuhan Ekonomi Masih di Atas Inflasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 05 Agustus 2022, 08:48 WIB
Pemerintah Optimis Pertumbuhan Ekonomi Masih di Atas Inflasi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II tahun 2022 diyakini masih akan di atas 5 persen berkat peningkatan konsumsi masyarakat dan membaiknya kinerja industri manufaktur.

Angka tersebut masih berada di atas angka inflasi tahunan per Juli 2022 yang berada pada level 4,94 persen (year on year).

“Inflasi sekarang masih di sekitar kemarin diumumkan 4,9 (persen). BPS akan mengumumkan pertumbuhan ekonomi di Q2, tapi pemerintah dengan Indeks Keyakinan Konsumen juga baik dan PMI (purchasing manager index) di 51,3, kami optimistis angkanya (pertumbuhan ekonomi) di atas 5 persen,” ujar Airlangga dikutip dari laman Setkab, Jumat (5/8).

Menurut Airlangga, kenaikan inflasi dipicu oleh kenaikan beberapa komoditas pangan dan energi. Pemerintah pun terus mempertahankan daya beli masyarakat untuk kedua komoditas tersebut melalui sejumlah subsidi sebagai jaring pengaman sosial.

“Indonesia tidak melakukan pass through harga, berbeda dengan negara lain. Tentu jumlah subsidi yang diberikan di tahun ini kan sudah disetujui oleh DPR sehingga tentu itu menjadi jaringan pengaman sosial di masyarakat,” imbuhnya.

Di samping itu, pemerintah juga telah menginstruksikan tim pengendali inflasi, baik pusat maupun daerah untuk terus menjaga dan memonitor harga berbagai komoditas, termasuk komoditas pangan.

“Kalau dari segi beras kan kita relatif stabil dan komoditas utama lain juga relatif stabil karena demand tertinggi kita kan selalu pada saat Lebaran,” tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA