Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Direktur Median: Parpol Harus Perhitungkan Harapan Masyarakat pada Figur Capres Antikorupsi

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 06 Agustus 2022, 21:30 WIB
Direktur Median: Parpol Harus Perhitungkan Harapan Masyarakat pada Figur Capres Antikorupsi
Calon presiden unggulan versi RMOLVote/RMOL
Partai politik calon peserta Pemilu Serantak 2024 mulai mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sementara di saat yang bersamaan, figur-figur calon presiden pun juga bergerak dinamis dalam adul elektabilitas.

Sejumlah kriteria juga ditawarkan publik terhadap calon presiden yang ingin maju di pilpres nanti. Utamanya, figur yang punya komitmen antikorupsi menjadi salah satu perhatian utama masyarakat.

Setidaknya, hal itu terpotret dalam Polling yang digelar RMOLVote yang mana Ketua KPK Firli Bahuri masuk tiga besar calon presiden 2024 dengan dukungan tertinggi.

"Masuknya Pak Firli dalam Polling RMOL berarti menunjukkan sosok antikorupsi juga penting,” kata Direktur Eksekutif Media Survei Nasional (Median) Rico Marbun kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (6/8).

Menurut Rico, masuknya Firli Bahuri di urutan kedua polling terkait 9 capres 2024 juga menunjukkan bahwa tema besar pemeberantasan korupsi mesti harus lebih diperhatikan oleh partai politik.

"Selain tema krisis ekonomi, berarti masyarakat haus akan rasa keadilan bahwa tdk boleh ada satu rupiah pun yang digunakan bukan oleh yang berhak. Tema pemberantasan korupsi masih menjadi tema penting dalam benak masyarakat Indonesia," terangnya.

Adapun, kata dia, dua sosok lainnya yang masuk tiga besar Polling RMOL, yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengafirmasi bahwa elektabilitas kedua figur itu masih berada di puncak elektoral menjelang Pilpres 2024.

"Dari 3 nama yang ada, sebenarnya dua di antaranya sudah lumayan biasa. Saya pikir itu pesan paling kuat," demikian Rico.

ARTIKEL LAINNYA