Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prof Bambang Setiaji Minta Kinerja Bank Negara Tidak Diukur dari Laba tapi Serapan Tenaga Kerja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 07 Agustus 2022, 23:58 WIB
Prof Bambang Setiaji Minta Kinerja Bank Negara Tidak Diukur dari Laba tapi Serapan Tenaga Kerja
Ilustrasi Bank Himbara/Net
rmol news logo Kinerja Bank-bank milik negara seharusnya bukan diukur dari berapa laba yang diraih, melainkan berapa banyak tenaga kerja yang diserap. Karena, tidak sopan jika negara mencari untung dari rakyatnya.

Begitu yang disampaikan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT), Profesor Bambang Setiaji di acara diskusi secara virtual yang diselenggarakan oleh Forum Guru Besar dan Doktor Insan Cita bertajuk "Hambatan, Tantangan, dan Peluang Bank Syariah di Indonesia", Minggu malam (7/8).

Bambang mengatakan, dirinya pernah menulis tentang "Negara Tanpa Bank". Dalam tulisannya itu, bank negara seharusnya tidak mencari laba.

"Maksudnya bukan tanpa bank, banknya itu menjadi seperti publik gitu loh, seperti punya sekolah, punya rumah sakit, punya bank. Artinya, bank negara itu jangan mencari laba. Tapi ukurannya tuh jumlah pekerjaan yang bisa di create," ujar Bambang seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Minggu malam (7/8).

Bambang meminta, agar kinerja dari bank-bank negara bukan diukur dari laba, melainkan jumlah tenaga kerja yang diserap setiap tahunnya.

"Karena negara kok mencari untung ya dari rakyatnya, gak sopan ya. Negara itu sebaiknya memberikan pekerjaan kepada rakyat. Kalau punya bank, tujuannya memberi pekerjaan kepada rakyat," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA