Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Dari 5 Tokoh Elektabilitas Tertinggi, Hanya Anies Baswedan dan AHY Berpeluang Besar Berpasangan pada Pilpres 2024

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 08 Agustus 2022, 11:33 WIB
Dari 5 Tokoh Elektabilitas Tertinggi, Hanya Anies Baswedan dan AHY Berpeluang Besar Berpasangan pada Pilpres 2024
Anies Baswedan dan AHY berpeluang besar berpasangan pada 2024/Ist
Sejauh ini sudah mulai terlihat siapa saja tokoh-tokoh yang punya elektabilitas tinggi untuk manggung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Namun, hanya Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dari 5 tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi, yang dinilai punya peluang besar berpasangan pada 2024.

Seperti disampaikan peneliti senior Institut Riset Indonesia (Insis), Dian Permata, saat ini sudah ada lima tokoh dengan elektabilitas tinggi sebagai calon presiden (capres). Yakni Ketua Umum Partai Demokrat AHY, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Dari kelima nama-nama di atas, peluang besar terjadi perkawinan pasangan adalah Anis Baswedan dan AHY," ujar Dian kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (8/8).

Sedangkan tokoh lainnya, lanjut akademisi Universitas Ibnu Chaldun ini, belum memberi kesan bakal cocok saat disandingkan dengan kandidat lainnya. Seperti Prabowo Subianto yang kerap disandingkan dengan dua tokoh asal PDI Perjuangan.

"Sedangkan Prabowo Subianto kerap disandingkan dengan Puan Maharani atau Ganjar Pranowo," pungkas Dian.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA