Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Setelah ke PDIP, Dewan Pers akan Sowan ke Nasdem, PKS, PPP, dan PKB untuk Sampaikan Usulan RKUHP

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 08 Agustus 2022, 13:33 WIB
Setelah ke PDIP, Dewan Pers akan Sowan ke Nasdem, PKS, PPP, dan PKB untuk Sampaikan Usulan RKUHP
Kunjungan Dewan Pers ke fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Senin (8/8)/RMOL
Dewan Pers akan sowan ke beberapa partai politik yang memiliki kursi di parlemen. Tujuannya tak lain untuk menyampaikan usulan terkait perlindungan pers yang tertuang dalam RKUHP yang dinilai menjadi ancaman kebebasan pers.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pers, Profesor Azyumardi Azra, ketika menyambangi Fraksi PDI Perjuangan DPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Senin (8/8).

"Kita akan sowan ke fraksi-fraksi yang lain menyampaikan beberapa usulan ini, karena di Komisi III itu kan seperti yang dibilang tadi ada sembilan fraksi. Nah kita berharap kita bisa mensosialisasikan usul-usul kita ini ke seluruh fraksi,” kata Prof. Azyumardi.

Dia menyampaikan, pekan lalu Dewan Pers sudah sowan ke Fraksi Gerindra dan disambut oleh Ketua DPP Partai Gerindra bidang Hukum, Habiburrokhman, dan menyampaikan usulan Dewan Pers terkait pasal-pasal yang dinilai menghambat kerja insan pers.

"Gerindra dengan Pak Habiburakhman. Positif sambutannya. Karena sekali lagi kita tidak menolak RKUHP itu. Kita hanya ingin memberikan beberapa penyempurnaan, perbaikan dari pasal-pasal yang terkait terutama dengan pers. Dengan kebebasan pers,” paparnya.

"Jadi kita akan terus lagi mengatur pertemuan dengan yang lain,” imbuhnya.

Adapun fraksi di DPR yang akan disambangi Dewan Pers adalah Nasdem, PKS, PPP, dan PKB. Namun, pihaknya belum dapat memastikan jadwal pertemuan dengan sejumlah fraksi partai politik tersebut.

“(Setelah ini) Nasdem. Saya belum tahu pasti, tapi rencananya Jumat. Tapi apakah pasti Jumat, atau mungkin ada perubahan mungkin, belum tahu pasti. Tapi sementara ini yang sudah oke itu ya Nasdem. Kemudian kita juga lagi menghubungi PKS, PPP, dan PKB,” tutupnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA