Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua Majelis Syura PKS Dianugerahi Gelar dari Kerajaan Marusu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 08 Agustus 2022, 22:29 WIB
Ketua Majelis Syura PKS Dianugerahi Gelar dari Kerajaan Marusu
Ketua Majelis Syura PKS, Salim Segaf Aljufri (kanan) dianugerahi gelar I Waliuddin Karaeng Manaba dari Kerajaan Marusu/Ist
rmol news logo Gelar I Waliuddin Karaeng Manaba disematkan Kekaraengan (Kerajaaan) Marusu kepada Salim Segaf Aljufri di Istana Balla' Lampoa Maros Sulawesi Selatan, Senin (8/8).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Gelar tersebut diberikan kepada Ketua Majelis Syura PKS itu bersamaan dengan kunjungan Salim ke Sulsel dalam program "Dr. Salim Menyapa Indonesia".

"Suatu kehormatan dan kebanggaan saya diterima sebagai keluarga besar Kerajaan Marusu di Maros. Semua yang ada di sini adalah keluarga saya dan sebagai keluarga, tentu saling menjaga dan memuliakan," kata Salim Segaf.

I Waliuddin Karaeng Manaba merupakan gelar kebangsawanan terhormat di kalangan suku Makassar, Bugis, Mandar, Tana Toraja, dan Selayar.

Gelar tersebut memiliki makna sebagai sosok bangsawan tinggi yang ramah, memasyarakat, peduli, peka, berpengetahuan luas, dan teguh dalam memperjuangkan kebenaran dan kebaikan.

Menurut Salim, Indonesia terkenal dengan kekayaan budaya dan adat istiadat. Oleh karenanya, kemajuan budaya bangsa adalah keniscayaan dan menjadi tugas para pemimpin bangsa.

"Budaya inilah yang mengokohkan karakter bangsa Indonesia. Bahkan lima sila Pancasila adalah puncak-puncak kebudayaan dari berbagai daerah," papar mantan Menteri Sosial RI ini.

Kerajaan yang ada di berbagai daerah sudah lahir sebelum Indonesia merdeka. Dikatakan Salim, kerajaan-kerajaan tersebut bahkan ikut berjuang melawan penjajahan dalam mewujudkan kemerdekaan.

"Maka, kerajaan-kerajaan nusantara adalah bagian dari sejarah kemerdekaan Indonesia yang harus dihormati dan dijaga keberadaannya," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA