Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ali Rif'an: Pasangan Prabowo-Cak Imin akan Ubah Konfigurasi Koalisi Pilpres 2024

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 09 Agustus 2022, 05:50 WIB
Ali Rif'an: Pasangan Prabowo-Cak Imin akan Ubah Konfigurasi Koalisi Pilpres 2024
Prabowo Subianto dan Abdul Muhaimin Iskandar saat mendaftarkan partainya ke KPU RI/RMOL
Pendaftaran Partai Gerindra dan PKB bersama ketua umumnya Prabowo Subianto dan Abdul Muhaimin Iskandar memiliki makna dan kode politik kuat untuk maju bersama di Pilpres 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif'an meyakini bahwa pasangan politik Pilpres ini hanya menghitung hari. Terkait dengan efek elektoral, Prabowo- Cak Imin akan dibaca membangun peluang karena dapat membawa spirit dari kedua tokoh ini.

"Antara Prabowo dan Cak Imin, makin kesini makin terbangun dengan baju yang hampir mirip," demikian kata Ali Rif'an kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (9/8).

Selain itu, pasangan Prabowo-Cak Imin akan dapat mengubah wajah politik koalisi jelang pertarungan Pilpres 2024. Baik Prabowo sebagai Capres dan Cak Imin Cawapres.

"Koalisi Prabowo-Cak Imin akan mengubah lanskap konfigurasi koalisi di Indonesia," demikian kata Ali Rif'an.

Lebih lanjut, Ali Rif'an, figur Prabowo dan Cak Imin mewakili ceruk pemilih yang berbeda. Yakni Prabowo identik dengan pemilih nasionalis dan Cak Imin yang merepresentasikan sebagai pemilih religius.

Bahkan selain itu, Prabowo memiliki basis pemilih demografi di luar Jawa yakni Sumatera dan Cak Imin pemilih Jawa.

Saat mendaftar, Prabowo dan Cak Imin didampingi oleh banyak pengikutnya. Saat proses pendaftaran bahkan sempat terjadi aksi saling dorong dengan pihak keamanan KPU dan awak media.

ARTIKEL LAINNYA