Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ridwan Kamil: 11 Set Lokomotif dan Gerbong Kereta Cepat OTW Jabar

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 09 Agustus 2022, 12:18 WIB
Ridwan Kamil: 11 Set Lokomotif dan Gerbong Kereta Cepat OTW Jabar
Penampakan interior kereta cepat Jakarta-Bandung yang diprediksi mulai dioperasikan tahun 2023/Repro
Optimisme muncul dalam proses realisasi kereta cepat Jakarta-Bandung yang tengah digarap China.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bahkan menyebut, kereta cepat garapan konsorsium China Railway International Co.Ltd dan empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia ini telah selesai menggarap lokomotif beserta gerbongnya.

"11 set lokomotif dan gerbongnya sudah selesai di pabriknya di Qingdao Tiongkok. Sedang OTW menuju Jawa Barat," kata Ridwan Kamil dikutip dari akun Twitternya, Selasa (9/8).

Ia memaparkan, uji coba pertama akan dilakukan pada bulan November tahun ini berbarengan dengan summit G20 dengan satu set gerbong beserta lokomotifnya.

"Kemudian berbagai tes dilakukan setelahnya sampai nanti saat dioperasikan penuh di Juni 2023," lanjut Kang Emil, sapaannya.

Di sisi lain, Ridwan Kamil turut mengunggah video yang memperlihatkan model kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan diggunakan Indonesia.

"Interior dengan tema Batik Megamendung juga terlihat sudah diaplikasikan. Semoga lancar dan menjadi kebanggaan kita semua memiliki kereta api cepat atau high speed rail pertama di ASEAN. Kecepatan maksimal 350 km/jam," tutupnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA