Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

KIB Belum Lirik Capres Eksternal, PPP: Airlangga Mungkin Dipasangkan Ketum PPP atau Ketum PAN

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 09 Agustus 2022, 14:12 WIB
KIB Belum Lirik Capres Eksternal, PPP: Airlangga Mungkin Dipasangkan Ketum PPP atau Ketum PAN
Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani/RMOL
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan PPP-Golkar-PAN belum ada indikasi akan melirik calon presiden (capres) dari luar koalisi.

Hingga kini, KIB masih mengupayakan capres dari internal. Di mana Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto akan dipasangkan dengan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani, kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa siang (9/8).

“Siapa sih yang sedang dilirik oleh KIB? Kami tentu harus sekali lagi melihat yang ada di dalam (koalisi). Kalau yang disampaikan kepada publik itu kan Pak Airlangga Hartarto oleh Partai Golkar, tentu kita hargai, kita apresiasi. Apakah nanti akan dipasangkan dengan Ketua Umum PAN atau Ketua Umum PPP nanti, ya kita lihat,” kata Arsul.

Namun begitu, Arsul menyatakan bahwa KIB pada prinsipnya tetap tidak menutup mata jika ada capres dari luar koalisi yang memenuhi tiga syarat. Yaitu akseptabilitas, elektabilitas, dan popularitas.

“Politik itu kan dinamis, kami tentu pada akhirnya harus juga melihat semua realitas yang ada. Realitas yang ada itu terkait dengan apa? Pertama, terkait dengan popularitas. Kedua, akseptabilitas. Ketiga, elektabilitas,” pungkasnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA