Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hindari Politik Identitas, KIB Ingin Pilpres 3 Paslon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 09 Agustus 2022, 16:08 WIB
Hindari Politik Identitas, KIB Ingin Pilpres 3 Paslon
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)/Net
rmol news logo Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dalam hal ini PPP-Golkar dan PAN, terus mengupayakan agar pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti melahirkan banyak calon alias tidak hanya diikuti dua orang pasangan calon.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan, hal itu tidak lain untuk menghindari polarisasi politik ketika dan sesudah hajatan lima tahunan demokrasi digelar.

“KIB itu pertama memang kami juga ingin mendorong pilpres itu sebisa mungkin tidak diikuti oleh dua pasang calon. Kenapa? Karena kita sekali lagi sudah belajar dari dua pilpres terakhir kalau dua pasang calon maka pengelolaan politik identitasnya sangat sulit sekali,” kata Arsul Sani kepada wartawan, Selasa (9/8).

Saat disinggung mengenai apakah KIB melirik figur Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk diusung capres, Arsul menjawab normatif.

Ia mengatakan, meskipun belum diputuskan siapa capres dan cawapres dari KIB, jika Gerindra dan PKB jadi berkoalisi dan mengusung Capres pada 2024, maka KIB kemungkinan besar akan menambah capres dan cawapres yang ada. Sehingga terbentuk tiga poros koalisi dan capres-cawapres.

“Kalau katakanlah nanti Gerindra berkoalisi dengan PKB. Kemudian kami ada KIB itu pasti akan ada satu lagi (calon), jadi itu harapan itu Inshaallah akan terpenuhi,” kata Asrul.

Mengacu syarat ambang batas pencalonan Presiden, atau Presidential Threshold (PT) 20 persen, hanya PDIP yang pada pemilu 2024, bisa mengusung langsung capres tanpa harus berkoalisi parpol manapun. Kendati begitu, PDIP belum memutuskan sikap terkait hal tersebut.

Adapun Nasdem, Demokrat dan PKS, disebut-sebut akan berkoalisi dan segera mendeklarasikan diri. Komukasi ketiga partai semakin intensif dilakukan.

Sementara Partai Gerindra semakin mesra dengan PKB, terlihat dari komunikasi politik kedua partai dan pendaftaran bersama ke KPU Senin kemarin.

PPP, Golkar dan PAN yang tergabung dalam KIB, rencana mendaftar bersama ke KPU RI pada Rabu 10  Agustus 2022 besok.rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA