Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Firli Bahuri Raih Dukungan Publik Jika Konsisten Suarakan Cakada Tidak Perlu Surat Rekomendasi

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 10 Agustus 2022, 07:46 WIB
Firli Bahuri Raih Dukungan Publik Jika Konsisten Suarakan Cakada Tidak Perlu Surat Rekomendasi
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri/Net
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri diyakini akan terus mendapatkan dukungan publik jika konsisten menyuarakan calon kepala daerah tidak memerlukan surat rekomendasi dari partai.

Begitu kata Peneliti Senior Institut Riset Indonesia (Insis), Dian Permata menanggapi pernyataan Firli yang ingin agar para calon kepala daerah tidak perlu surat rekomendasi dari partai politik (parpol) saat akan mancalonkan diri.

"Jika Firli konsisten dengan pernyataan dia seperti itu, maka niscaya dia akan mendapatkan dukungan publik," ujar Dian kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (10/8).

Dian mengurai, salah satu pembiayaan politik tertinggi adalah mahar politik atau biasa dikenal sewa perahu atau beli tiket.

Sehingga tidak mengherankan jika di kemudian hari tidak sedikit kepala daerah mencari cara guna mengembalikan dana sewa perahu.

Karenanya kata akademisi Universitas Ibnu Chaldun ini, tidak mengherankan apabila kian hari kian banyak pula kepala daerah masuk rutan KPK

Di satu sisi, harus diakui bahwa parpol butuh bensin untuk membiayai laju gerak organisasi. Cara memperoleh bensin tadi dengan meminjamkan perahu atau menerbitkan rekomendasi.

“Meskipun, ada juga parpol yang mengaku tidak menggunakan praktik tersebut,” tutupnya.

ARTIKEL LAINNYA