Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hotman Paris Terharu saat Baca Teks Proklamasi di Kelapa Gading

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 10 Agustus 2022, 09:55 WIB
Hotman Paris Terharu saat Baca Teks Proklamasi di Kelapa Gading
Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea dan seniman Ingrid Widjanarko saat membaca teks proklamasi/Net
rmol news logo Serangkaian kegiatan digelar Komunitas Kolaborasi dalam menyambut perayaan kemerdekaan Republika Indonesia selama bulan Agustus. Salah satunya adalah pembacaan proklamasi lintas generasi yang melibatkan seluruh elemen masyarakat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Acara ini digelar setiap hari mulai tanggal 1 hingga 16 Agustus 2022 setiap pukul 07.00 hingga 08.00 dan 17.00 hingga 18.00 di 50 titik di Jakarta.

Pada 5 Agustus lalu, pengacara kondang Hotman Paris Hutapea dan seniman Ingrid Widjanarko berkesempatan membacakan teks proklamasi di persimpangan Boulevard Kalapa Gading. Pembacaan ini turut dihadiri oleh murid dari SMA Negeri 13 Jakarta Utara.

“Saya terharu, mengingatkan saya ketika masih kecil, apalagi ini di Jakarta, banyak orang sudah banyak melupakan nilai-nilai perjuangan,” kata Hotman Paris kala itu sebagaimana keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (10/8).

Komunitas Kolaborasi sendiri terdiri dari berbagai kumpulan elemen masyarakat. Mulai dari para aktivis, seniman, paskibra SMA se-DKI Jakarta, The Jakmania, dan instansi-instansi di lingkungan Provinsi DKI Jakarta.

Komunitas Kolaborasi telah melakukan kegiatan pembuka pada 31 Juli 2022 yang dipusatkan di JPOS Pinisi, Jakarta Pusat.

Acara ini melibatkan Komunitas Jakarta Perkusi (KJP), Gilang Ramadhan, dan Ingrid Widjanarko. Pembacaan teks proklamasi dilakukan oleh Trie Utami dan Ratna Riantiarno, Wiraputra Basri, seniman teater, penari kontemporer, paduan suara SMA N 3 Jakarta, dan anggota paskibra dari beberapa SMA di DKI Jakarta, serta The Jakmania.

Ketua Komunitas Kolaborasi Sonny Muhammad mengurai bahwa pihaknya memang mengajak dan mengumpulkan semua yang ingin memberikan sesuatu untuk ibu pertiwi.

Mereka ingin merekonstruksi kembali suasana kebatinan para pejuang di tahun1945 agar bisa dirasakan di tahun 2022.

“Ayo kita mulai, kedepan kita yakin akan semakin banyak orang akan bergabung, dan yang tidak kalah penting  kita berharap Jakarta mempunyai event yang datang dari inisiasi masyarakat, yang akan menjadi milik masyarakat Jakarta menyambut dalam kemerdekaan,” urainya.

Selain pembacaan teks proklamasi, Komunitas Kolaborasi juga berkerja sama dengan Jakarta Art Movement melakukan mural di beberapa titik wilayah DKI Jakarta. Seni mural ini mengangkat tema kemandirian pangan dalam kolaborasi dan menghadirkan Bung Karno melalui kutipan-kutipan pidatonya. Termasuk memorial Haji Darip, yang merupakan tokoh ulama Betawi.

“Komunitas Kolaborasi mengajak seluruh elemen masyarakat ikut memberikan sesuatu untuk Ibu pertiwi, berkolaborasi dari Jakarta untuk Indonesia,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA