Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bersama KIB, Zulkifli Hasan Bicara Politik Gagasan Hindari Pembelahan

Rabu, 10 Agustus 2022, 14:19 WIB
Bersama KIB, Zulkifli Hasan Bicara Politik Gagasan Hindari Pembelahan
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan bersama Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa bersama jajaran mendaftar sebagai calon peserta pemilu di KPU RI/RMOL
Kedatangan PAN bersama Golkar dan PPP ke KPU RI dimanfaatkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyampaikan politik gagasan yang diusung poros koalisi ini.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, saat menyerahkan dokumen pendaftaran bakal calon peserta Pemilu Serentak 2024 ke kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/8).

Ketum PAN yang juga menjabat sebagai Menteri Pedagangan ini menyerukan agar Pemilu Serentak 2024 menjadi pesta demokrasi yang mengedepankan politik gagasan.

"Saya kira kita, KIB sepakat bahwa Pemilu 2024 harus disemarakan dengan politik gagasan, di mana ide-ide besar akan kembali dimunculkan," ujar Zulkifli Hasan.

Dengan politik gagasan, sosok yang kerap disapa Zulhas ini memandang pengalaman kelam pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 yang lalu tidak akan terjadi.

"Jangan ada lagi pembelahan yang tidak perlu, saatnya bersatu," tutupnya.

Kedatangan Zulhas di kantor KPU RI turut ditemani oleh Sekjen PAN, Eddy Soeparno; Waketum PAN sekaligus Wakil Ketua MPR RI, Yandri Susanto; Ketua Badan Saksi Nasional PAN, Zita Anjani; Ketua Umum BM PAN, Sigit Purnomo Said, beserta pengurus DPP PAN yang lainnya.

Dalam momentum ini, Zulhas datang bersama Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa.

Ketiga ketum parpol ini bergiliran menyerahkan pendaftaran parpol yang dipimpinnya masing-masing ke Ketua KPU Ri Hasyim Asyari.

PAN menjadi parpol ke-20 yang mendaftarkan diri ke KPU RI. Sementara Partai Golkar menjadi yang ke-21, dan PPP menjadi yang ke-22.

Sebelum tiga parpol anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) ini, pagi tadi telah mendaftar PSI yang menjadi parpol ke-19 yang mendaftar ke KPU RI.

*Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA