Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sumber Anggaran Satgassus yang Pernah Dipimpin Ferdy Sambo Dipertanyakan

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 10 Agustus 2022, 17:15 WIB
Sumber Anggaran Satgassus yang Pernah Dipimpin Ferdy Sambo Dipertanyakan
Irjen Ferdy Sambo saat menjabat sebagai Kasatgassus Merah Putih/Net
Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Merah Putih menuai sorotan. Selain pernah dipimpin oleh Irjen Ferdy Sambo, satgas non struktural di tubuh Polri ini memunculkan banyak spekulasi, termasuk tewasnya Brigpol Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Mantan presenter TV Rahma Sarita dalam video yang beredar mengulas Satgas yang dibentuk oleh Tito Karnavian saat menjabat sebagai Kapolri itu.

“Satgassus Merah Putih itu adalah satgas khusus non struktural di Polri yang sempat dipimpin oleh Ferdy Sambo,” kata Rahma dalam video yang dilihat redaksi Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (10/8).

Satgassus Merah Putih ini, ungkap Rahma, juga sempat dipertanyakan sumber anggarannya oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI lantaran tidak menggunakan anggaran dinas melainkan mencari dari sumber lain.

“Masyarakat tidak tahu sumber (anggaran) darimana. Bahkan katanya PPATK pun tidak tahu aliran sumber dana di Satgassus Merah Putih ini,” ungkap Rahma.

Rahma menjelaskan, tugas yang dilakukan Satgassus Merah Putih tersebut ialah yang menjadi atensi pimpinan. Bisa menangani kasus baik dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu kasus narkotika, korupsi, pencucian uang hingga judi.

“Inilah yang membuat muncul spekulasi di tengah masyarakat, terutama netizen bahwa Satgassus ini sudah menjadi semacam mesin uang di Mabes (Polri) karena menjadi backup kasus-kasus besar terutama judi online,” ujar Rahma.

Rahma mengulas, saat Ferdy Sambo diberikan jabatan sebagai Kasatgassus Merah Putih pada 20 Mei 2020, lewat Sprin/1246/V/HUK.6.6/2020. Lalu diperpanjang hingga akhir 2022 melalui Sprin/1583/VII/HUK.6.6./2022 yang berlaku mulai 1 Juli 2022 hingga 31 Desember 2022.

“Muncul juga spekulasi bahwa Satgassus Merah Putih pimpinan Ferdy Sambo inilah yang mengeksekusi enam laskar FPI pada akhir Desember 2020. Maka muncul tranding topik atau hastag bubarkan Satgassus Merah Putih,” demikian Rahma.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA