Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga Bangga Insentif Pemerintah Disambut Positif GIIAS 2022

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 11 Agustus 2022, 16:48 WIB
Airlangga Bangga Insentif Pemerintah Disambut Positif GIIAS 2022
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 resmi dibuka Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada hari ini, Kamis (11/8).

Ajang pameran mobil yang mengusung tema “The Future is Bright” membuat Menko Airlangga bangga. Alasannya, karena pilihan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) untuk masyarakat banyak dihadirkan.

Hal ini sejalan dengan dukungan pemerintah yang memberi insentif tidak sedikit melalui regulasi agar kendaraan listrik yang ramah lingkungan semakin mewarnai negeri.

Salah satunya lewat PP 74/2021 dan PP 73/2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

“Regulasi dan insentif dari pemerintah disambut positif pabrikan otomotif melalui banyaknya kendaraan listrik di pameran tahun ini,” ujarnya saat membuka GIIAS 2022 di Tangerang Selatan.

"Saya kira mobil listrik (EV) relatif lebih banyak kali ini dibandingkan pameran-pameran GIIAS sebelumnya. Saya apresiasi, selamat,” sambung Airlangga.

Menurut Ketua Umum Partai Golkar ini, kebijakan dan subsidi dari pemerintah bisa membuat harga kendaraan listrik bisa bersaing dengan kendaraan konvensional berbahan bakar minyak.

Pemerintah juga mendorong PLN menyiapkan ekosistem untuk kendaraan listrik, melalui stasiun pengisian listrik.

“PLN juga didorong untuk membuat ekosistem charging station sehingga masyarakat lebih mudah untuk memilih EV yang saat ini mulai bisa bersaing di range Rp 200 juta hingga 300 juta,” tegas Menko Perekonomian.

Airlangga optimistis Indonesia mampu menjadi eksportir produk kendaraan ke luar negeri. Apalagi, produk otomotif dari Indonesia sudah diekspor ke lebih dari 80 negara di dunia.

"Ini bukti kemampuan manufaktur Indonesia terus membaik,” ujar Airlangga.

GIIAS 2022 memang menjadikan kendaraan listrik sebagai salah satu fokus utama. Pengunjung juga bisa mencoba langsung kendaraan listrik selama pameran yang berlangsung 10 hari mulai hari ini hingga 21 Agustus 2022.

Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO Rizwan Alamsjah mengurai bahwa untuk memperkenalkan masyarakat kepada berbagai keunggulan kendaraan listrik, GIIAS 2022 mempersiapkan sebuah area khusus yang berada di dalam ruangan, GIIAS Electric Vehicle (EV) Test Track.

Tercatat 11 merek kendaraan roda empat yang menyatakan akan berpartisipasi di program Indoor EV Test Track. Yakni, DFSK, Fuso, Hyundai, KIA, Lexus, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Toyota, dan Wuling.

Selain itu, ada empat merek dari kendaraan roda dua yang akan bergabung yaitu Alva, Pacific E-Series, Segway, dan Selis. GIIAS 2022 juga menghadirkan teknologi dan produk terbaru dari total 25 merek kendaraan penumpang dan komersial. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA