Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inovasi Kamikaze Drone Dahana Raih Juara 1 Lomba Inovasi Litbang Kementerian Pertahanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 11 Agustus 2022, 22:58 WIB
Inovasi Kamikaze Drone Dahana Raih Juara 1 Lomba Inovasi Litbang Kementerian Pertahanan
Manajer Perancangan Fasilitas dan Teknologi PT Dahana Shahibuddin Maruf meraih Juara 1 ajang Lomba Inovasi Teknologi Pertahanan 2022 yang digelar oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan/Ist
rmol news logo Manajer Perancangan Fasilitas dan Teknologi PT Dahana Shahibuddin Maruf catatkan prestasi dengan meraih Juara 1 ajang Lomba Inovasi Teknologi Pertahanan 2022 yang digelar oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pengharagaan itu diterima langsung Shahibuddi Maruf dari Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto pada acara bertema “Penelitian dan Pengembangan serta Inovasi Teknologi Pertahanan dalam Mewujudkan Kemandirian Alutsista”, di Kantor Balitbang Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (11/8).

Maruf menuturkan, ide awal Kamikaze Drone yang membawanya merai gelar juara, berasal dari Direktur Teknologi dan Pengembangan Dahana, Suhendra Yusuf RPN pada tahun 2021. Ide itu, kemudian dikerjakan secara kolaboratif antara Dahana dengan Aero Terra.

"Sebenarnya, Kamikaze Drone itu bukan saya sendiri, tim yang mengerjakan, gagasan awalnya adalah bagaimana menggabungkan teknologi yang sedang hit (drone) dengan lini bisnis Dahana (bahan peledak), sehingga dapat menghasilkan drone yang dapat meledak secara presisi," ujar Maruf.

Dia menjelaskan, konsep Kamikaze Drone mulai dimatangkan beberapa bulan lalu, yang berasal dari tahap awal Rajata atau Kamikaze Drone Dahana.

Dalam waktu beberapa bulan, dia berhasil membuat konsep teknologi dan konsep senjata yang terwujud dalam bentuk Rajata, dan akhirnya dapat memenangkan juara 1.

"Saya juga tidak menduga dapat bersaing dengan 131 peserta dan masuk ke dalam 12 finalis, di mana para finalis memiliki pengalaman dan gelar yang mentereng dan hebat-hebat," terangnya.

Maruf berharap, Kamikaze Drone atau Rajata, tidak hanya berhenti di hasil litbang, namun dapat disempurnakan dan diproduksi secara masal.

Sehingga, dapat memberikan kontribusi bagi negara, khususnya mewujudkan kemandirian alat utama sistem senjata (Alutsista) nasional, seperti yang diamanahkan oleh Presiden dalam peresmian holding BUMN Defend ID.

Selain itu, ia juga berharap, kemenangannya ini dapat memberi semangat untuk berinovasi di kalangan insan Dahana lainnya.

“Inovasi adalah kebutuhan setiap perusahaan, tanpa inovasi usaha itu akan mati, dengan adanya inovasi baik produk, peralatan, layanan, dan segala lini bisnis, akan mengembangkan Dahana ke depannya," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA