Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ketegangan Meningkat, Komisi IX Minta PMI di Taiwan Dapat Perlindungan Maksimal

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 12 Agustus 2022, 09:59 WIB
Ketegangan Meningkat, Komisi IX Minta PMI di Taiwan Dapat Perlindungan Maksimal
Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS, Kurniasih Mufidayati/Net
Ketegangan di Taiwan-China yang meningkat akhir-akhir ini harus menjadi perhatian pemerintah Indonesia, terutama perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS, Kurniasih Mufidayati menanggapi situasi terkini di wilayah Taiwan, di mana ada lebih dari 300 ribu PMI bekerja di sana.

"Kita berharap semuanya aman, tapi tidak ada salahnya kita menerapkan mitigasi dalam segala kemungkinan, terutama dalam melindungi WNI dan PMI di Taiwan yang jumlahnya tidak sedikit," papar Kurniasih dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/8).

Ia mendorong pemerintah Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taiwan  bisa melakukan cek alur komunikasi dan sosialisasi dengan seluruh WNI, termasuk PMI di Taiwan.

Selain itu, perlu juga menyiapkan rencana kontijensi sesuai dengan tata laksana jika terjadi situasi yang tidak kondusif bagi WNI saat berada di wilayah negara lain.

"Semuanya harus mulai disiapkan meski kita tidak berharap ada peningkatan eskalasi ketegangan di wilayah Taiwan," tutupnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA