Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

UMKM Naik Kelas dengan Mengadopsi Teknologi Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 13 Agustus 2022, 09:17 WIB
UMKM Naik Kelas dengan Mengadopsi Teknologi Digital
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Pemerintah mengupayakan berbagai inisiatif dan kebijakan dalam rangka menaikkan kelas UMKM yang selama ini menjadi ujung tombak kebangkitan ekonomi dalam negeri.

Salah satu yang dilakukan adalah mendorong adopsi teknologi digital melalui program Bangga Buatan Indonesia.

"Program tersebut mendukung UMKM agar mampu memasarkan produknya melalui e-commerce," kata Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/8).

Hingga Mei 2022, Airlangga mengungkap persentase UMKM on boarding telah mencapai 63,7 persen dari total target digitalisasi UMKM sebanyak 30 juta atau telah mencapai 29,8 persen dari total jumlah UMKM.

Menko Airlangga mengingatkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan UMKM, mulai dari perbaikan administrasi perpajakan, branding, hingga bahan baku.

Airlangga berharap pengusaha UMKM lebih mengutamakan penggunaan bahan dari dalam negeri ketimbang mengandalkan impor. Selain itu, branding UMKM lokal juga harus diperkuat lagi dan diberi kesempatan agar makin berkembang dan bisa bersaing dengan brand dari luar negeri.

“Mengenai perizinan dan riset bisa difasilitasi pemerintah, termasuk dengan sertifikasi halal, di mana untuk UMKM harusnya itu gratis. Yang penting semua brand lokal yang keren-keren mesti didaftarkan ke Kemenkumham supaya tidak ada yang menduplikasi,” demikian Ketua Umum Partai Golkar ini. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA