Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

KPPG dan Ormas Perempuan Kekaryaan Dukung Kebaya Didaftarkan Warisan Budaya Indonesia di UNESCO

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 13 Agustus 2022, 22:41 WIB
KPPG dan Ormas Perempuan Kekaryaan Dukung Kebaya Didaftarkan Warisan Budaya Indonesia di UNESCO
Parade Kebaya Nusantara, di Anjungan Plataran Sarinah, Jakarta/Ist
Kesatuan Perepuan Partai Golkar (KPPG) bersama ormas Perempuan Kekaryaan MKGR, Kosgoro, Al Hidayah, Himpunan Wanita Karya, dan Kartini AMPI, mendukung kebaya menjadi warisan budaya Indonesia dan didaftarkan di Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa Bangsa atau UNESCO.

Dukungan ini, disampaikan bersama kelompok aktivis perempuan yang diprakasai oleh Timnas Kebaya Nasional Goes to UNESCO, dalam gelaran Parade Kebaya Nusantara, di Anjungan Plataran Sarinah, Jakarta, Sabtu (13/8).

"Kebersamaan kami di sini adalah sebagai bentuk dukungan KPPG dan ormas Perempuan Kekaryaan agar segera terealisasinya Kebaya Goes to UNESCO dan juga penetapan Hari Kebaya Nasional," kata Sekretaris Jenderal PP KPPG Lindsey Afsari Puteri.

Lindsey mengatakan, dukungan ini dilatarbelakangi oleh tanggung jawab moral perempuan dari lintas profesi, instansi, dan organisasi untuk turut melestarikan Kebaya sebagai identitas bangsa Indonesia.

Menurutnya, seluruh elemen masyarakat harus ikut mengawal dan memperjuangkan percepatan realisasi ini. Terutama para pemangku kebijakan yang memiliki akses dan wewenang.

Ditambahkan Ketua Gerakan Perempuan MKGR Adde Rossi, dia berkomitmen untuk terus memonitor tahapan secara prosedural pengajuan Kebaya Goes to UNESCO maupun penetapan Hari Kebaya Nasional yang sudah dijalankan.

"Selaku mitra pemerintah, DPR RI melalui Komisi X dan alat kelengkapan dewan terkait pasti akan mendukung penuh hal ini," tandasnya.

ARTIKEL LAINNYA