Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Program Kerja KIB Terjemahkan Idealisme Politik Kebangsaan Mulai Ditagih

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 14 Agustus 2022, 09:19 WIB
Program Kerja KIB Terjemahkan Idealisme Politik Kebangsaan Mulai Ditagih
Para ketua umum partai yang bergabung dalam KIB berjabat tangan saat mendaftar ke KPU RI/Net
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digawangi Partai Golkar, PAN, dan PPP, dinilai menarik lantaran berani membentuk koalisi sejak dini berbasis idealisme politik kebangsaan. Walaupun di saat yang bersamaan pembentukan koalisi dinilai prematur sebab belum memunculkan nama capres-cawapres.

"Itu tentu ada kesamaan platform, ada kesamaan kepentingan yang mengikat mereka. Semoga mereka konsisten dengan idealisme politik kebangsaan ini,” harap Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo, kepada wartawan, Minggu (14/8).

Oleh sebab itu, Ari mendorong KIB untuk segera menerjemahkan idealisme politik kebangsaan yang mereka usung. Ia mengharap KIB secepatnya membuat program nyata dan konkret.

"Makanya membacanya harus membumi ini, programnya apa? Membuat apa? Makanya kita menagih idealisme politik KIB untuk diturunkan menjadi program-program kerja bersama. Apalagi mereka sekarang posisinya masih di pemerintahan. Buat doang narasi publik, edukasi politik ke warga untuk menguatkan arus tengah sehingga memitigasi polarisasi dari awal,” tegasnya.

Untuk arah penambahan koalisi, Ari menilai Partai Solidaritas Indonesia (PSI) punya potensi besar untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Ari mendasarkan analisisnya pada sikap PSI terhadap politik identitas dan dukungan PSI pada pemerintahan Presiden Joko Widodo. Di sisi lain, KIB berulang kali menegaskan keseriusan untuk menghindari polarisasi, menolak politik identitas, dan melanjutkan program Jokowi.

"Saya pikir dua hal ini soal menjaga persatuan, menolak politik identitas, dan bagaimana meneruskan capaian Pak Jokowi untuk periode berikutnya. Kesamaan platform itu potensial buat PSI untuk bergabung,” demikian Ari.

ARTIKEL LAINNYA