Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tinjau Pasar Dukuh Kupang Surabaya, Zulhas Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 14 Agustus 2022, 15:55 WIB
Tinjau Pasar Dukuh Kupang Surabaya, Zulhas Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil
Mendag Zulkifli Hasan (rompi biru) saat meninjau asar Dukuh Kupang, Surabaya, Jawa Timur/Ist
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kembali melakukan tinjauan harga barang kebutuhan pokok (Bapok), termasuk memastikan ketersediaan minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan rakyat. Kali ini, giliran Pasar Dukuh Kupang, Surabaya, Jawa Timur, yang disambangi.

Hasil pantauan kali ini, politisi yang karib disapa Zulhas ini, mendapati harga komoditas Bapok rata-rata stabil. Bahkan, beberapa komoditas yang mengalami penurunan dibanding minggu lalu yaitu daging ayam ras, cabai, dan bawang merah.

"Sedangkan komoditas yang mengalami kenaikan yaitu telur ayam dan tepung terigu,” ujar Zulhas dalam keterangannya, Minggu (14/8).

Adapun harga bapok di Pasar Dukuh Kupang, komoditas yang harganya stabil yaitu beras medium Rp 10.000/kg, beras premium Rp 12.000/kg, gula pasir Rp 13.000/kg ,daging sapi Rp 120.000/kg, bawang putih kating Rp 28.000, dan minyak goreng kemasan premium Rp 18.000-20.000/liter.

Komoditas yang mengalami penurunan harga yaitu cabai merah keriting Rp 60.000/kg, cabai merah besar Rp 60.000/kg, daging ayam ras Rp 31.000/kg, dan bawang merah Rp 30.000/kg. Sedangkan, komoditas yang mengalami kenaikan harga yaitu telur ayam menjadi Rp 31.000/kg dan tepung terigu Rp 11.000/kg.

“Terigu kemarin memang naik sedikitsekitar 5-6 persen, tapi September nanti sudah panen raya sehingga diprediksi akan turun harganya. Saat ini di sini harga terigu Rp11.000,” terang Ketua Umum PAN itu.

Selain itu, dia juga mendapati MinyakKita dan minyak goreng kemasan yang dijual sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000/liter. Dia mengungkapkan, hingga 10 Agustus 2022, pendistribusian MinyakKita ke Jawa Timur telah lebih dari 4,3 juta liter.

Mantan Ketua MPR RI ini juga menegaskan, Kemendag terus berupaya melakukan pemerataan distribusi MinyakKita ke seluruh daerah di Indonesia.

“Persediaan minyak di sini sudah banyak, terutama minyak dalam kemasan dan sudah bagus. Pengiriman MinyakKita di Jawa Timur juga sudah dilakukan, namun memang perlu dilakukan pemerataan distribusinya keseluruh pasar, baik di Jawa Timur maupun di daerah-daerah lainnya di Indonesia, " pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA