Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demokrat Doakan Koalisi Gerindra-PKB Langgeng

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 15 Agustus 2022, 08:51 WIB
Demokrat Doakan Koalisi Gerindra-PKB Langgeng
Ketua Umum Partai Gerindra dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi menandatangani MoU kerja sama koalisi menuju 2024/RMOL
rmol news logo Koalisi antara PKB dan Partai Gerindra diharapkan bisa langgeng sampai pemilihan umum 2024.

Koordinator Jurubicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra berharap, koalisi yang resmi diteken kedua partai ini juga menelurkan pasangan capres dan cawapres 2024.

“Kami doakan koalisi dan kebersamaannya bisa tetap solid dan lancar sampai dengan hari pendaftaran. Jadi, bisa mendaftarkan satu pasangan calon presiden dan wakil presiden,” kata Herzaky dalam keterangannya, Senin (15/8).

Herzaky menuturkan, Partai Demokrat sangat menghargai dan mengapresiasi kemandirian dan independensi setiap parpol untuk mendapatkan haknya sebagai partai politik.

Termasuk agar bisa memenuhi persyaratan ambang batas mengajukan calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2024, sesuai dengan UU Pemilu.

“Begitu pula sebaliknya, kami berharap kemandirian dan independensi kami dalam menentukan calon mitra koalisi untuk dihargai dan dihormati,” tegas Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat ini.

Kemandirian partai politik dalam menentukan capres-cawapres penting agar pasangan yang diusung benar-benar mewakili keinginan masyarakat.

“Makin rusak dan hancur demokrasi kita kalau ada, kami tegaskan, kalau ada upaya abuse of power, baik oleh kekuasaan maupun alat-alat kekuasaan, yang berupaya mengintervensi kemandirian dan upaya parpol-parpol," tegasnya.

Partai Gerindra dan PKB sepakat membangun kerja sama alias berkoalisi di Pilpres 2024 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8).

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin secara resmi meneken Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama sama kedua belah pihak.

Terdapat lima poin kesepakatan kerja sama kedua belah pihak. Salah satunya, calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh kerja sama parpol Partai Gerindra dan PKB akan ditentukan secara bersama-sama oleh ketua dewan pembina/ Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA