Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sudah Paparkan Visi dan Misi, KIB Makin Siap Bertarung di Pemilu 2024

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 15 Agustus 2022, 14:42 WIB
Sudah Paparkan Visi dan Misi, KIB Makin Siap Bertarung di Pemilu 2024
Dari kiri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa/Ist
Pemaparan visi dan misi Koalisi Indonesia Bersatu pada Minggu (14/8), di Surabaya, Jawa Timur, menjadi bukti koalisi yang dimotori Partai Golkar, PAN, dan PPP siap bertarung di Pemilu 2024 dengan mengedepankan ide dan gagasan.

Pengamat Politik Universitas Airlangga Surabaya, Airlangga Pribadi Kusman mengatakan, cara elegan yang dilakukan KIB itu harusnya bisa menjadi contoh bagi partai politik atau koalisi lainnya yang akan terbentuk.

"Yang paling penting bahwa lewat ide dan gagasan ini kita tidak hanya memilih pemimpin yang memiliki konstituen besar, tetapi memilih pemimpin yang layak untuk memimpin Indonesia ke depan,” kata Airlangga Pribadi kepada wartawan, Senin, (15/8).

Dengan penyampaian visi dan misi KIB ini, Airlangga Pribadi berharap, KIB ini bisa mempertemukan calon-calon presiden untuk diuji tentang kemampuan mereka serta visi dan misi mereka.

“Saya berharap KIB ini benar-benar mendorong pemimpin yang layak untuk memimpin negara ini. Saya juga berharap, ide, gagasan dan rasionalitas yang menjadi visi dan misi KIB menjadi matahari kesadaran dari politik Indonesia,” terangnya.

Ibarat kata, lanjutnya, ide dan gagasan KIB bisa menjadi pohon beringin yang meneduhkan dan mengakar kuat di bumi Indonesia.

“Selanjutnya juga menjadi kiblat arah masa depan Indonesia,” imbuhnya.

Bagi Airlangga Pribadi, dalam memilih figur calon presiden, masyarakat tidak boleh terjebak pada populisme.

“Sisi positifnya, memang figur yang populis bisa menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Namun sisi negatifnya, calon populis ini biasanya membawa politik identitas,” pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA