Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

MPR RI Bersama DPR-DPD RI Gelar Sidang Tahunan Besok, Ada Pembahasan PPHN

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 15 Agustus 2022, 15:18 WIB
MPR RI Bersama DPR-DPD RI Gelar Sidang Tahunan Besok, Ada Pembahasan PPHN
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (tengah)/RMOL
MPR RI, bersama DPR RI dan DPR RI akan menggelar Sidang Tahunan (ST) dilanjut Paripurna DPR RI tentang Penyampaian RUU APBN atau Nota Keuangan Negara pada Selasa besok (16/8).

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan acara Sidang Tahunan besok. Sidang akan dibuka pada Pukul 9.30 WIB.

“Saya sampaikan bahwa MPR telah siap untuk menyelenggarakan sidang tahunan dan sidang bersama DPR dan DPD esok yang akan kita mulai jam 9.30 WIB,” ucap Bamsoet saat jumpa pers di Nusantara V, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

Bamsoet menuturkan, agenda Sidang Tahunan akan diawali dengan Pengantar Sidang oleh Ketua MPR RI dan dilanjutkan oleh Pidato Ketua DPR RI Puan Maharani kemudian Presiden RI Joko Widodo.  

“Kemudian acara ditutup, kita beristirahat dan jam 13.30 WIB kita mulai lagi rapat paripurna tentang nota keuangan DPR dan Presiden RI,” tuturnya.

Lebih lanjut Bamsoet menambahkan, pada Sidang Tahunan besok akan ada laporan khusus tentang Pokok Pokoh Haluan Negara (GBHN). Pasalnya, MPR RI telah memebentuk Panitia Ad hoc yang merumuskan PPHN untuk dibawa ke Paripurna Sidang Tahunan.  

“Hal-hal isu yang esok akan kami sampaikan antara lain tentang laporan urgensi bangsa ini memiliki PPHN. Perkembangan terkahir tentang PPHN, di mana kami akan laporkan bahwa rapat gabungan telah menyetujui dan bersepakat untuk membentuk Panitia Ad hoc,” katanya.

“Pengambilan keputusannya diperkirakan awal september MPR akan mengadakan sidang paripurna untuk memutuskan panitia ad hic seklaigus diberi tugas untuk menyusun substansi dari PPHN dan mencari bentuk dasar hukumnya yang akan diputuskan nanti pada paripurna berikutnya,” demikian Bamsoet.

Turut hadir saat jumpa pers Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Arsul Sani, Syarief Hasan, dan Sekjen MPR RI Ma’ruf Cahyono.

ARTIKEL LAINNYA