Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Dari 8 Parlok Aceh, Satu Partai Tak Mendaftar ke KIP

LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 15 Agustus 2022, 15:29 WIB
Dari 8 Parlok Aceh, Satu Partai Tak Mendaftar ke KIP
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KIP Aceh, Munawarsyah/RMOLAceh
Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh secara resmi menutup pendaftaran partai politik lokal sebagai calon peserta Pemilu 2024, Ahad (14/8). Dalam masa pendaftaran yang dimulai sejak 1 Agustus itu, ada satu parlok yang tidak mendaftar hingga batas penutupan.

"Bertepatan dengan jam 23.59 WIB resmi batas akhir pendaftaran partai politik ditutup," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KIP Aceh, Munawarsyah, di Banda Aceh, dikutip Kantor Berita RMOLAceh, Senin (15/8).

Munawarsyah menjelaskan, dari delapan partai politik lokal yang telah mengambil akun Sipol, hanya satu parlok yang tak mendaftar. Mereka adalah Partai Islam Aceh (PIA). Padahal PIA sudah memiliki akun Sipol dan mengupload sejumlah dokumen.

“Mereka sudah memutuskan tidak mendaftar,” kata Munawarsyah. "Jadi sejak awal kita buka pendaftaran sudah ada tujuh partai politik lokal yang mendaftaar di masa pendaftaran.”

Hingga kini, KIP Aceh telah mencatat 7 partai politik lokal yang resmi sudah mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024. Yakni Partai Aceh (PA), Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Darul Aceh (PDA).

Kemudian, Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh (SIRA), Partai Geuneurasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa (GABTHAT) Aceh, Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, serta Partai Amanah Reformasi (PAR). 
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA