Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cerita Relawan Teks Proklamasi, Menguatkan Nasionalisme hingga Mengubah Perilaku

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 15 Agustus 2022, 18:15 WIB
Cerita Relawan Teks Proklamasi, Menguatkan Nasionalisme hingga Mengubah Perilaku
Pembacaan Teks Proklamasi oleh Komunitas Kolaborasi di Jakarta/Ist
rmol news logo The Jakmania menjadi bagian dari relawan Komunitas Kolaborasi yang betugas membacakan Teks Proklamasi di 50 titik jalan utama Jakarta selama tanggal 1 sampai 16 Agustus 2022.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Adapun kegiatan tersebut dilakukan setiap hari pada pukul 07.00-08.00 WIB dan pukul 16.00-17.00 WIB. Kegiatan pembacaan Teks Proklamasi menjadi hal baru yang dilakukan oleh fans fanatik klub sepak bola Persija Jakarta ini.

Bagi suporter fanatik Persija, pembacaan Teks Proklamasi secara massif dan militan ini adalah hal yang pertama kali dilakukan di Jakarta maupun di Indonesia, bahkan di dunia. Mereka merasa terhormat dan bertanggung jawab ketika terlibat dalam acara tersebut.

Koordinator The Jakmania, Febrianto bahkan mengaku kegiatan ini mengubah kebiasaan yang selama ini dijalani para fans Macan Kemayoran ini.

"Yang tadinya mereka hidup semaunya, sekarang berubah menjadi lebih baik, mandi dan berpakaian yang baik. Ada salah seorang Jakmania yang meninggalkan kebiasaannya minum minuman keras demi menghormati kegiatan ini," kata Febrianto dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/8).

Tak hanya The Jakmania, pembacaan Teks Proklamasi juga menjadi hal yang luar biasa bagi Relawan Komunitas Kolaborasi Jakarta.

Acara yang digagas Komunitas Kolaborasi ini terbukti meningkatkan rasa nasionalisme di antara semua pihak yang terlibat. Ia pun mengajak seluruh masyarakat di tanah air untuk melakukan hal ini di daerah masing-masing.

"Pembacaan teks proklamasi adalah momentum penting yang menjadi landasan terjadinya kemerdekaan dan dilaksanakan di Jakarta," kata Ketua Komunitas Kolaborasi, Sonny Muhammad.

Kegiatan pembacaan Teks Proklamasi ini juga mendapat sambutan positif dari berbagai pihak, salah satunya dari Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana yang turun langsung ke lapangan.

Ia juga memerintahkan camat, lurah, polisi, dishub, Satpol PP, pemadam kebakaran, karang taruna, dan semua instansi terkait ikut mendukung kegiatan tersebut.

Rangkaian kegiatan tersebut juga didokumentasikan dan dipublikasikan di laman media sosial Instagram Dinas Kominfo Jakarta Utara.

Beberapa tokoh publik juga turut memeriahkan pembacaan Teks Proklamasi ini, di antaranya artis kawakan Inggrid Widjanarko, artis senior Teater Koma Ratna Riantiarno, penyanyi senior Trie Utami, pengacara senior Hotman Paris Hutapea, dan Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Teguh Santosa. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA