Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Sidang Tahunan, Presiden Jokowi Bahas Kebangkrutan Negara-negara di Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 16 Agustus 2022, 12:39 WIB
Di Sidang Tahunan, Presiden Jokowi Bahas Kebangkrutan Negara-negara di Dunia
Presiden Joko Widodo dalam sidang tahunan MPR RI, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8)/Biro Pemberitaan Parlemen
rmol news logo Seluruh elemen bangsa diingatkan atas kondisi dan situasi global yang dihantaman pandemi Covid-19 selama kurang lebih tiga tahun, ditambah adanya perang antara Ukraina dan Rusia.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam sidang tahunan MPR RI tahun 2022 di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia saat ini juga sedang menghadapi tantangan yang berat, mulai dari krisis kesehatan yang belum sepenuhnya pulih hingga perekonomian dunia yang belum bangkit.

"Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Presiden dua periode itu mengurai, sebanyak 107 negara telah terdampak krisis akibat pandemi dan perang Ukraina dan Rusia, bahkan sebagian di antaranya jatuh bangkrut.

"Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem, dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan,” ujarnya.

Ujian tersebut, kata Presiden Jokowi, tidak mudah bagi dunia dan Indonesia pada khususnya.

"Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian dan dengan kewaspadaan,” imbuhnya.

Meski demikian, Jokowi mengatakan Indonesia sebagai negara yang mampu menghadapi situasi sulit saat ini, bisa bertahan dengan baik.

"Kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Indonesia termasuk negara,” demikian Jokowi. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA