Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bicara Demokrasi, Puan: Laki-laki dan Perempuan Ibarat Sayap Burung, Patah Satu Tak Bisa Terbang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 16 Agustus 2022, 13:19 WIB
Bicara Demokrasi, Puan: Laki-laki dan Perempuan Ibarat Sayap Burung, Patah Satu Tak Bisa Terbang
Ketua DPR RI, Puan Maharani dalam sidang tahunan MPR RI di Komplek Parlemen, Jakarta/Biro Pemberitaan Parlemen
rmol news logo Demokrasi adalah alat untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur. Melalui demokrasi pula, kaum perempuan turut terlibat dalam menciptakan pembangunan perabadan Indonesia agar semakin maju dalam berdemokrasi.

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengatakan, Indonesia sebagai negara demokrasi memberikan ruang seluas-luasnya bagi rakyat untuk berpartisipasi di dunia politik, tak terkecuali perempuan.

"Menyertakan perempuan dalam setiap jabatan bukan sebagai kebijakan afirmatif, akan tetapi merupakan kesadaran atas penghargaan harkat dan martabat manusia,” kata Puan saat Sidang Tahunan MPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

Dia mengatakan, perempuan Indonesia telah banyak aktif dan mengambil peran strategis di segala bidang ekonomi, sosial, politik, lingkungan hidup, olahraga, ilmu pengetahuan, riset, dan lain sebagainya.

"Laki-laki dan perempuan ibarat dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayapnya sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak setinggi-tingginya. Jika patah satu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali,” ujarnya.

Hal itulah yang patut menjadi semangat demokrasi Indonesia, bahwa harkat dan martabat perempuan dan laki-laki berkedudukan sama.

Di samping itu, pelaksanaan pemilu yang menjadi bagian demokrasi Indonesia membutuhkan partai politik yang semakin maju dalam mengartikulasikan kepentingan rakyat.

“Tahapan pemilu sedang dijalankan KPU. Ini komitmen kita bersama menjadikan Pemilu 2024 sebagai pemilu yang demokratis, jujur, adil, dan bermartabat,” tutup Puan. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA