Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Penanganan Pandemi Covid-19 Dipuji Dunia, Puan Maharani: Ini Berkat Kerja Bersama

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 16 Agustus 2022, 13:43 WIB
Penanganan Pandemi Covid-19 Dipuji Dunia, Puan Maharani: Ini Berkat Kerja Bersama
Ketua DPR RI, Puan Maharani, di Sidang Tahun 2022/Net
Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia mendapat apresiasi dunia. Prestasi ini tentu bukan hasil kerja orang atau kelompok tertentu saja. Tapi berkat gotong royong semua elemen bangsa.

“Sebagai Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa, tentu kita harus selalu bersyukur, karena Bangsa dan Negara kita tetap dapat Bersatu dalam menghadapi situasi yang sulit untuk menghadapi pandemi Covid-19,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani, saat berpidato di Sidang Tahun MPR, DPR, DPD, Selasa (16/8).

Puan lantas memuji peran Pemerintah yang terus menjalankan tugasnya untuk melindungi segenap rakyat serta mensejahterahkan rakyat di tengah pandemi Covid-19.

“Sejak kasus pertama kali Covid-19 di Indonesia diumumkan, yaitu pada 2 Maret 2020, hingga saat ini, kita telah selama 29 bulan berada dalam situasi pandemi Covid-19. Dan kini kita mulai memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi, yang tetap perlu terus diwaspadai,” ucapnya.

Mantan Menko PMK itu menambahkan, Pemerintah telah diberikan ruang kewenangan yang cukup untuk mengambil tindakan cepat dan antisipatif demi keselamatan rakyat dan memastikan jalannya pemerintahan sejak awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Yaitu melalui Undang-undang Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Dan/Atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional Dan/Atau Stabilitas Sistem Keuangan Menjadi Undang-Undang.

Kemudian juga melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang tentang Penanganan Pandemi Covid-19 yang diproses secara cepat dan cermat di DPR RI sehingga tidak terjadi kekosongan payung hukum untuk menangani pandemi yang melanda sebagian besar negara di dunia.

Puan menyebut penanganan Indonesia yang baik menghadapi pandemi Covid-19 mendapat pengakuan dunia.

“Alhamdulillah, berkat kerja bersama kita semua, gotong royong, Pandemi Covid-19 dapat ditangani dengan baik. Bahkan dalam rilis data Johns Hopkins University terkait penanganan Covid-19 pada tahun 2021, Indonesia dinilai sebagai salah satu negara terbaik di dunia dalam menangani pandemi Covid-19,” ungkapnya.

“Inilah hasil Kerja Bersama kita, gotong royong melawan Pandemi Covid-19,” imbuh Ketua DPP PDI Perjuangan ini.

Lebih lanjut, Puan juga memberikan apresiasi kepada seluruh anak bangsa yang telah membantu rakyat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19. Khususnya semua pihak yang berada di garis terdepan penanganan pandemi.

“Terimakasih kepada tenaga kesehatan, terimakasih TNI, terimakasih Polri, terimakasih Satgas Covid-19 di pusat dan daerah, serta terimakasih para relawan kemanusiaan,” tutup Puan.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA