Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Di Hadapan Jokowi, Puan Minta Pemerintah Tingkatkan Kerja Urus Rakyat

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 16 Agustus 2022, 16:18 WIB
Di Hadapan Jokowi, Puan Minta Pemerintah Tingkatkan Kerja Urus Rakyat
Ketua DPR RI Puan Maharani ketika menyampaikan Pidato pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I Tahun 2022-2023/Repro
Kerja kementerian/lembaga Kabinet Indonesia Maju diminta untuk masksimal di sektor-sektor prioritas yang mendukung kesejahteraan rakyat.

Begitu disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani ketika menyampaikan Pidato pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I Tahun 2022-2023 di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (16/8).

"Pemerintah agar terus dapat meningkatkan kinerja Kementerian/ Lembaga dalam urusan-urusan rakyat untuk mendapatkan pelayanan, mendapatkan perlindungan sosial, memperoleh kesempatan kerja, dan meningkatkan kesejahteraannya," kata Puan.

Ketua DPP PDI Perjuangan ini menuturkan, DPR RI telah menjalankan fungsi pengawasannya dalam memberikan perhatian yang besar terkait dengan berbagai permasalahan yang menjadi perhatian rakyat.

Beberapa di antaranya, disebutkan Puan, mewaspadai perkembangan pandemi Covid-19, penanganan dampaknya serta ancaman dari varian baru; dan mitigasi dari ancaman pandemi lainnya.

Selain itu, Puan juga memastikan DPR RI mengawasi langkah pemerintah dalam mengantisipasi dinamika konflik geopolitik global, yang telah mengakibatkan krisis pangan dan energi, yang menyebabkan tingginya harga komoditas strategis seperti minyak bumi dan bahan pangan.

"Hal ini dapat berdampak pada kemampuan keuangan negara dalam memberikan subsidi energi," sambung Puan memperingatkan.

Hal lain yang juga diawasi DPR RI, lanjut Puan, adalah mencermati permasalahan terhadap buruh dan pekerja migran, serta memperhatikan peranan TNI dan Polri agar semakin profesional, humanis dalam melayani rakyat.

"Komitmen Pemerintah dalam melaksanakan tindak lanjut hasil rapat kerja pengawasan DPR RI, menunjukan bahwa terdapat saling menghormati kewenangan antara lembaga Eksekutif dan Legislatif," demikian Puan.

ARTIKEL LAINNYA