Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kirab Budaya 17 Agustus di Monas Libatkan Pasukan Berkebaya Pertiwi

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 17 Agustus 2022, 09:05 WIB
Kirab Budaya 17 Agustus di Monas Libatkan Pasukan Berkebaya Pertiwi
Pasukan Berkebaya Pertiwi Indonesia/Repro
Upacara perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia yang digelar pemerintah di Jakarta hari ini dimulai dengan acara kirab budaya.

Dalam siaran langsung kanal Youtube Sekretariat Presiden, acara kirab budaya digelar di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Acara kirab budaya tersebut dimulai sekitar pukul 08.30 WIB, Rabu (17/8).

Di dalam kirab budaya ini diperlihatkan kekhasan Indonesia. Sebab, turut dilibatkan perwakilan Raja-Raja Nusantara di 34 provinsi, hingga 200 perempuan yang tergabung dalam Pasukan Berkebaya Pertiwi Indonesia.

Selain itu, terdapat perwakilan pelajar SMP dan SMA Jakarta yang mengenakan pakaian adat nusantara.

Kini, rombongan kirab budaya ini berjalan dari Monas menuju Istana Merdeka, untuk mengantarkan dua orang anggota Purna Paskibraka Duta Pancasila yang bertugas sebagai pembawa duplikat bendera sangsaka merah putih dan naskah teks Proklamasi

Dua orang tersebut adalah Kiara Maharani Putri yang merupakan siswi SMAN 1 Garut, serta Irene Odelia Astono siswi SMA Santos Igantius Kalimantan Barat.

Keterlibatan 200 orang pasukan Berkebaya Pertiwi Indonesia dan kirab budaya baru tahun ini dilakukan untuk menjadi prosesi penyerahan duplikat sangsaka Merah Putih dan naskah teks Proklamasi.

Dua orang Purna-Paskibraka Duta Pancasila yang ikut dalam iring-iringan diantar ke Istana Merdeka menggunakan satu Kereta Kencana yang diberi nama Ki Jaga Rasa.

Adapun kereta kencana tersebut ditarik oleh 6 ekor kuda yang di antaranya memiliki nama Gunung Kondo, Gunung Sinabung, Bunga Alkasia, Bunga Seruni, Bunga Sinia, dan Bunga Rasika.

Rombongan kirab budaya baru tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 09.00 WIB, dan setelah penyerahan duplikat benderda sangsaka merah putih dan naskah teks proklamasi akan dilangsungkan Upacara.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA