Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertama, Pegawai KPK Pakai Seragam Korpri saat Upacara HUT RI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 17 Agustus 2022, 09:14 WIB
Pertama, Pegawai KPK Pakai Seragam Korpri saat Upacara HUT RI
Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar upacara HUT ke-77 RI di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta/Ist
rmol news logo HUT ke-77 RI merupakan momen pertama kali pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan upacara mengenakan seragam Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) setelah resmi dilantik menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 1 Juni 2021.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pada upacara HUT ke-77 RI tahun ini, sebanyak 400 pegawai yang mewakili kedeputian masing-masing melaksanakan upacara secara langsung di halaman depan Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan. Sementara lainnya, melakukan upacara dari ruang kerjanya masing-masing.

Para pegawai KPK ini melaksanakan upacara dengan menggunakan seragam Korpri. Tahun lalu, lembaga antirasuah tidak menyelenggarakan upacara secara langsung karena pandemi.

Dalam Upacara HUT ke-77 RI ini, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron sebagai pembina upacara terlihat menggunakan pakaian adat daerah Bangkalan, Madura. Pemimpin upacara adalah Direktur Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti, dan Eksekusi, Mungki Hadipratikno.

Dalam amanatnya, Ghufron mengajak seluruh insan KPK memperingati sekaligus mensyukuri hari kemerdekaan ini sebagai momentum mengingat jasa para pahlawan dalam mewujudkan visi bangsa Indonesia.

"Mari kita resapi peringatan kemerdekaan ini dengan rasa syukur. Kemerdekaan yang diperjuangkan oleh segenap bangsa Indonesia harus dijadikan visi untuk menuju Indonesia yang maju dan berjaya," ujar Ghufron.

Untuk mencapai cita-cita itu, diperlukan persatuan dalam keanekaragaman saling menjaga dan menguatkan satu sama lain dalam perwujudan cita-cita bangsa, yaitu masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

Ghufron menjelaskan, KPK diamanatkan sebagai motor penggerak pemberantasan korupsi dan bagian untuk menuju jembatan emas masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan tersebut.

Oleh karena itu, Ghufron meminta jajarannya dalam mengemban amanah tugas pemberantasan korupsi harus meresapi empat hal penting.

Pertama, pemberantasan korupsi merupakan jembatan emas menuju keadilan dan kesejahteraan yang wajib dijadikan visi seluruh insan KPK.

Kedua, walaupun memiliki latar belakang beragam, tetapi kebersamaan dan persatuan akan membuat KPK semakin kuat dalam memberantas korupsi.

Ketiga, pemberantasan korupsi harus terus dikolaborasikan dengan seluruh elemen bangsa.

Dan keempat, pemerintahan yang bebas dari korupsi adalah conditio sine qua non atau prasyarat mutlak untuk menggapai cita-cita menjadi sebuah negara yang adil, makmur, dan sejahtera seperti dicita-citakan para pendiri bangsa.

"Harapannya peringatan HUT RI ini menguatkan insan KPK menjadi bagian dari solusi bagi permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa. Dirgahayu Republik Indonesia. Merdeka, merdeka, merdeka!" pungkas Ghufron. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA