Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Hadir Virtual, AHY dan Istri Pilih Busana Bali saat Peringati Detik-detik Proklamasi

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 17 Agustus 2022, 13:24 WIB
Hadir Virtual, AHY dan Istri Pilih Busana Bali saat Peringati Detik-detik Proklamasi
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi Annisa Larasati Pohan/Ist
Meski hadir secara virtual, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi Annisa Larasati Pohan tetap mengenakan pakaian adat nusantara saat mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, Rabu (17/8).

Upacara yang dipimpin Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara, berlangsung khidmat di Istana Negara, Jakarta.

Tahun ini, AHY dan Annisa mengenakan pakaian adat Bali kombinasi warna hitam, putih, dan merah yang melambangkan warna Tridatu.

Dikataka AHY, busana ini sengaja dipilih AHY sebagai simbol semangat optimisme untuk kita bangkit bersama menjemput sukses di masa depan. Serta menggambarkan seorang pemimpin hendaknya mampu memberi semangat kepada rakyatnya di tengah suasana suka ataupun duka.

Di usia Republik Indonesia yang ke-77 tahun, kata AHY, harus dimaknai sebagai momentum untuk merawat persatuan, demokrasi, dan kebangkitan ekonomi.

Sambungnya, Indonesia telah melalui sejarah panjang. Meski diguncang oleh berbagai macam pergolakan hingga benturan ideologi, baik yang kanan maupun kiri, baik dari dalam maupun dari luar negeri, Indonesia tetap tak tergoyahkan.

"Indonesia lahir dan tetap mampu berdiri tegak karena komitmen kita untuk merawat persatuan bangsa," kata AHY.

Untuk itu, lanjut putra sulung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini, peringatan 77 tahun kemerdekaan ini harus menjadi momentum kita sebagai bangsa untuk kembali meneguhkan komitmen merawat persatuan bangsa.

"Komitmen persatuan perlu kita wujudkan dalam ikhtiar dengan terus mengokohkan persatuan, melawan pandemi, merawat demokrasi, dan mengoptimalkan momentum kebangkitan ekonomi,"tuturnya.

Dia juga menekankan, setiap peringatan Kemerdekaan Indonesia harus menjadi mmomentum bagi kita sebagai bangsa untuk mensyukuri apa yang telah dicapai dan diwujudkan, meneguhkan komitmen perjuangan dan pengabdian kita untuk mewujudkan Indonesia yang semakin aman dan damai, semakin adil dan sejahtera, serta semakin maju dan mendunia.

“Itulah visi besar kebangsaan kita. Perbedaan tidak menjadi halangan bagi kita untuk mewujudkan visi besar ini. Kita harus bersatu,"pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA