Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Novel Bamukmin: Melepas Politik Identitas Sama Saja Komunisme

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 18 Agustus 2022, 10:34 WIB
Novel Bamukmin: Melepas Politik Identitas Sama Saja Komunisme
Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212, Novel Bamukmin/Net
rmol news logo Semangat untuk menjauhkan politisasi agama serta politik identitas yang digaungkan Presiden Joko Widodo tak sepenuhnya diterima publik.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Persaudaraan Alumni (PA) 212, Novel Bamukmin, apa yang Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan saat Sidang Tahunan MPR RI itu justru terkesan anti terhadap agama.

"Identitas Indonesia tidak pernah dilepaskan dari agama. Dengan melepaskan politik identitas, maka jelas mengarahnya menjadi antiagama atau komunisme," tegas Novel kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (18/8).

Ia mengklaim, Indonesia berdiri atas semangat agama yang bergelora. Saat melawan penjajah di prakemerdekaan, bangsa Indonesia sulit disatukan tanpa adanya semangat itu.

Oleh karenanya, Novel menyebut lahirnya Indonesia adalah dari kepentingan politik agama yang otomatis menjadi lekat sebagai politik identitas.

"Negara ini merdeka atas dasar rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan sebagai landasannya adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, sehingga jelas berdirinya negara ini atas semangat agama yang bergelora," tandas Novel Bamukmin. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA