Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Pidato di Depan Wapres, Ketua MPR: Prinsip Asal Impor Barang Murah Harus Diakhiri!

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 18 Agustus 2022, 13:45 WIB
Pidato di Depan Wapres, Ketua MPR: Prinsip Asal Impor Barang Murah Harus Diakhiri!
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo/Repro
Pelabelan Indonesia sebagai negara konsumen yang rajin impor barang murah secara besar-besaran harus segera diakhiri.

Begitu yang disampaikan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dalam pidatonya pada peringatan Hari Konstitusi yang dihadiri Wakil Presiden RI, Maruf Amin di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (18/8).

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah harus mampu memenuhi kebutuhan domestik secara mandiri dan berdaulat.

"Paradigma ekonomi lama dengan prinsip asal mengimpor dengan harga murah, harus segera diakhiri,” tegas Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo.

Ketidakberdayaan Indonesia untuk mengelola potensi sumber daya alam ini membuat Indonesia menjadi negara konsumen dan tidak mampu belajar mengembangkan potensi yang dimiliki.

"Tanpa usaha menanam dan memproduksi sendiri, dengan penguasaan teknologi sendiri, kita akan terus mengalami ketergantungan,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini lantas teringat pesan Presiden Joko Widodo untuk memanfaatkan sumber daya alam Indonesia dengan mengembangkan teknologi yang ada.

Hal itu dilakukan agar Indonesia mampu berdikari dan perekonomian nasional tidak tergantung pada negara lain.

"Hanya dengan cara itu, kita dapat meningkatkan nilai tambah terhadap sumber daya yang kita miliki,” katanya.

Untuk mencapai hal tersebut, kata Bamsoet, Indonesia harus belajar dari negara lain agar dapat mengembangkan potensi sumber daya alam.

"Kita dapat belajar dari pengalaman negara-negara yang berhasil ber-transformasi, dari negara miskin menjadi negara makmur, seperti negara-negara Asia Timur," tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA