Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wapres Maruf: Indonesia Kekurangan Kelompok yang Bisa Menyerap Hasil Produksi Alam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 18 Agustus 2022, 15:49 WIB
Wapres Maruf: Indonesia Kekurangan Kelompok yang Bisa Menyerap Hasil Produksi Alam
Wakil Presiden Maruf Amin/Repro
rmol news logo Bangsa Indonesia perlu bersyukur, karena dianugerahi potensi sumber daya alam yang melimpah. Hanya saja, sumber daya alam itu tidak mampu dikelola dengan baik oleh masyarakat dan pemangku kepentingan hanya karena saling mengedepankan ego.

Untuk itu, Wakil Presiden Maruf Amin mengingatkan, Indonesia perlu mengenyampingkan ego personal dan ego kelompok agar dapat menjalankan satu sistem tata keloala pemanfaatan potensi alam secara adil dan merata bagi kehidupan.

"Oleh karena itu, yang perlu kita perbanyak adalah perlu yang namanya hamzah washal, huruf hamzah yang bisa menghubungkan kata demi kalimat sehingga jadi untaian yang indah,” ucap Wapres Maruf dalam pidatonya di Peringatan Hari Konstitusi, di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/8).

Menurutnya, hamzah washal itu kelompok masyarakat yang mampu mengolah berbagai produk-produk pertanian, perkebunan, kelautan pertambangan yang dimiliki melalui upaya hilirisasi. Sehingga, menjadi produk jadi maupun setengah jadi.

“Kelompok ini lah yang masih kurang, yang perlu kita terus tumbuhkan yaitu kelompok yang bisa menyerap hasil hasil produksi yang ada kelautan pertambahan perkebunan, sehingga bisa menjadi barang jadi atau setengah jadi, melalui proses hilirisasi,” katanya.

"Dengan demikian maka kita akan bisa mempercepat pembangunan kesejahteraan, menghilangkan kemiskinan dan juga menghilangkan kesenjangan yang ada di masyarakat,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA