Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Peringatan HDKD ke-77, Menkumham Titip Pesan Jaga Kepercayaan Rakyat

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 19 Agustus 2022, 20:22 WIB
Peringatan HDKD ke-77, Menkumham Titip Pesan Jaga Kepercayaan Rakyat
Upacara Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-77/Ist
Tepat hari ini, Kementerian Hukum dan HAM telah berusia 77 tahun usai resmi didirikan pada 19 Agustus 1945.

Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-77 ini pun turut digelar di lapangan upacara Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Banggai, Jumat (19/8).

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mengatakan, Kemenkumham telah menorehkan beragam prestasi, salah satunya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK ke-13 kalinya.

"Insan pengayoman harus memahami tugas utama core business, untuk menciptakan kepercayaan public trust," kata Yasonna dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Banggai, Amiruddin Tamoreka.

Untuk menjaga kualitas pelayanan publik tersebut, setiap pimpinan dan pegawai harus siap dengan era digital 5.0, melalui pemikiran kritis serta kemampuan komunikasi dan kolaborasi.

Kemenkumham juga dihadapkan dengan tahun politik pada tahun 2023 dan 2024. Kata Yasonna, ASN harus tetap netral dan tidak memihak pada kelompok tertentu dan tidak ikut politik praktis.

"Meskipun masih dalam keadaan pandemi Covid-19, kinerja dan produktivitas dalam pencapaian target jangan sampai terganggu," lanjutnya.

Ia juga menekankan dalam menghadapi situasi krisis global, setiap jajaran harus menyiapkan rencana dan kontijensi untuk merespon segala isu.

Yang tak kalah penting, kata Yasonna, adalah soal kinerja dan produktivitas meski masih dalam suasana Covid-19.

"Setiap insan pengayoman juga wajib mewaspadai adanya serangan dan ancaman siber, serta menjauhkan diri dari paham radikalisme, penggunaan narkoba, dan pelecehan seksual," tegas Yasonna dalam pesannya.

Di sisi lain, Kepala Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai, Wijaya Adibrata mengatakan, HDKD tahun ini mengusung tema 'Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAKHLAK'.

HDKD ke-77 tahun memiliki beberapa rangkaian kegiatan yang dinilai akan memberikan manfaat kepada pegawai dan masyarakat.

"Rangkaian kegiatan tersebut terdiri atas bakti sosial, donor darah, pertandingan olahraga, pelayanan paspor masuk desa, upacara dan ziarah tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Tuwis Luwuk, Virtual run bersepeda," kata Wijaya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA