Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Heri Gunawan: Pecahan Uang Baru Lindungi UMKM dari Uang Palsu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 20 Agustus 2022, 16:57 WIB
Heri Gunawan: Pecahan Uang Baru Lindungi UMKM dari Uang Palsu
Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Gerindra, Heri Gunawan/Net
rmol news logo Keberadaan uang kertas baru emisi 2022 keluaran Bank Indonesia (BI) bisa memberi banyak manfaat, antara lain melindungi pelaku usaha mikro dan kecil dari peredaran uang palsu.

Anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan menyebut, uang edisi lama sudah banyak dipalsukan. Pada 3 tahun lalu, rasio peredaran uang palu dan uang asli bahkan mencapai 9 banding 1.

"Pelaku usaha mikro dan kecil pada umumnya belum memiliki alat pendeteksi uang palsu. Sehingga, rentan menerima uang palsu dari para pembelinya," kata Hergun, sapaan Heri Gunawan dalam keterangannya, Sabtu (20/8).

Kapoksi Fraksi Gerindra di Komisi XI DPR RI ini menambahkan, pendeteksian uang palsu secara manual, yaitu dengan cara dilihat, diraba, dan diterawang sulit dilakukan saat pelaku usaha menghadapi antrean pembeli.

Pada akhirnya, pelaku usaha kesulitan mendeteksi uang palsu yang beredar hingga akhirnya mereka harus menanggung kerugian.

"Menurut BI, uang kertas baru dicetak sedemikian rupa sehingga akan lebih sulit dipalsu. Kami berharap hal tersebut benar adanya sehingga para pelaku UMK bisa lebih terlindungi," jelasnya.

Bank Indonesia resmi meluncurkan uang kertas baru emisi 2022 pada Kamis (18/8).

Tercatat, ada tujuh pecahan uang kertas baru yang diluncurkan, yaitu pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA