Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kehangatan Surya Paloh dan Puan Maharani Tanda Koalisi Pilpres Belum Paten

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 23 Agustus 2022, 12:45 WIB
Kehangatan Surya Paloh dan Puan Maharani Tanda Koalisi Pilpres Belum Paten
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat memeluh Ketua DPP PDIP Puan Maharani/Net
rmol news logo Pertemuan antara Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, dengan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani memperlihatkan masih adanya dinamika politik dalam proses membentuk koalisi menuju tahun politik 2024.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai masih ada yang belum paten di antara koalisi partai-partai dalam menentukan siapa calon presiden yang didukung.

"Jadi pasangan dan koalisi masih belum paten. Pintu koalisi masih dibuka," ujar Jerry saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (23/8).

Jerry menilai bahwa rakyat dengan gamblang telah melihat gelagat Nasdem yang belakangan terlihat dekat dengan PKS dan Partai Demokrat. Sementara PDIP terus disorong menyatu dengan Gerindra dan PKB.

Namun, dia melihat menjelang waktu pelaksanaan tahapan penetapan calon peserta Pemilu Serentak 2024 dan nomor urut parpol, justru menjadi momentum mencari formula koalisi yang mumpuni.

"Parpol masih memainkan politik dua kaki sampai politik empat kaki. Kalau nomor urut sudah ada di KPU, itu secara legal standing pilpres sudah sah," tutur Jerry.

Maka dari itu, doktor komunikasi politik jebolan America Global University ini melihat bahasa tubuh Surya Paloh saat bertemu Puan dengan memeluknya merupakan tanda politik Nasem yang masih terbuka dalam berkoalisi.

"Dengan kata lain saat ini parpol sedang mencari format baku dan formula yang tepat, bahkan sedang mencoba membuka komunikasi politik," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA