Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga Dorong Pengembangan Teknologi Metaverse dan Ekonomi Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 24 Agustus 2022, 09:37 WIB
Menko Airlangga Dorong Pengembangan Teknologi Metaverse dan Ekonomi Digital
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Pemerintah fokus mengembangkan ekonomi digital dengan memanfaatkan berbagai teknologi, salah satunya metaverse.

“Optimalisasi teknologi metaverse merupakan peluang baru yang dapat menciptakan nilai tambah, produktivitas, dan inovasi yang berdampak pada perekonomian nasional,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/8).

Metaverse kian diminati perusahaan besar dunia untuk dikembangkan karena dilatarbelakangi dengan konsep yang menarik yakni kemampuan untuk menyerupai kehidupan nyata sehingga memungkinkan adanya interaksi secara virtual.

Aktivitas dalam metaverse menggabungkan aspek media sosial, game online, Augmented Reality dan Virtual Reality (AR/VR), serta blockchain.

Menurut riset PwC, penggunaan teknologi AR/VR dalam metaverse memiliki potensi ekonomi yang signifikan yakni mampu meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) global sebesar 1,4 triliun dolar AS dan menciptakan 23,3 juta pekerjaan baru pada tahun 2030.

Atas dasar itu, pemerintah terus meningkatkan optimalisasi metaverse melalui berbagai upaya, salah satunya ditunjukkan dengan pengembangan teknologi metaverse di Indonesia sebagai showcase pada side-event 3rd Digital Economy Working Group (DEWG) G20 pada bulan Juli lalu.

Pemerintah juga menghadirkan platform Wonderverse Indonesia sebagai medium untuk mempromosikan 5 Destinasi Super Prioritas di Indonesia melalui kemasan yang lebih menarik serta menyiapkan rancangan ibukota baru versi metaverse.

“Kolaborasi pemerintah, akademisi, praktisi dunia usaha/industri, dan asosiasi menjadi prasyarat utama dalam mengembangkan metaverse dan ekonomi digital di Indonesia,” tutup Airlangga. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA