Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga Kembangkan KED Nasional sebagai Pondasi Ekonomi Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 25 Agustus 2022, 11:38 WIB
Airlangga Kembangkan KED Nasional sebagai Pondasi Ekonomi Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Pemerintah telah mengembangkan kerangka ekonomi digital (KED) nasional untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital yang inklusif di Indonesia.

Menteri Koordinnator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, teknologi digital kian diadopsi bisnis di dalam negeri untuk berinovasi.

“Kerangka ekonomi digital nasional yang dikembangkan adalah untuk mendorong kolaborasi, menumbuhkan sinergi, memaksimalkan upaya leapfrog, memastikan inklusivitas dan keberlanjutan, serta memastikan pondasi ekonomi digital Indonesia diprioritaskan,” kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/8).

Saat ini, Indonesia sudah memiliki banyak start-up dari berbagai sektor, beberapa di antaranya telah terdaftar di bursa saham.

Namun demikian, ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi dan membutuhkan solusi yang terkoordinasi lintas sektor. Terdapat 3 tantangan digital saat ini, yaitu penanaman talenta digital, promosi penelitian dan Inovasi digital dalam bisnis, dan pembentukan infrastruktur digital dan fisik.

Untuk penanaman talenta digital, Indonesia telah menyiapkan beberapa agenda, di antaranya mempersiapkan anak-anak dan siswa untuk tuntutan pekerjaan di masa depan dengan menjadikan Teknologi Informasi dan Komuunikasi (TIK) sebagai bagian inti dari kurikulum pendidikan dan kejuruan.

Kemudian memberi pekerja skema pembelajaran dan pelatihan seumur hidup untuk membantu mereka menavigasi dinamika tenaga kerja yang didorong oleh teknologi yang muncul.

Terakhir memastikan masyarakat dapat memahami teknologi digital agar bisa membuat pilihan yang lebih terinformasi dan cerdas yang mendorong pertumbuhan ekonomi digital yang sehat. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA