Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Senyum Merekah Warga Bukit Duri Setelah Berjuang dari Era Gusuran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 25 Agustus 2022, 16:24 WIB
Senyum Merekah Warga Bukit Duri Setelah Berjuang dari Era Gusuran
Tokoh Rizal Ramli bersama warga Bukit Duri saat peresmian Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung/Ist
rmol news logo Senyum merekah terpancar dari warga Bukit Duri korban gusuran era Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kini, mereka bisa bernapas lega setelah mendapat kepastian hunian layak di Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jatinegara, Jakarta Timur yang baru saja diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Kamis (25/8).

Seperti yang disampaikan Nafsiah, salah satu dari ratusan penduduk di Bukit Duri yang menyaksikan peresmian Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung. Ia merupakan salah satu warga yang rumahnya diratakan buldoser pada 2016 silam.

"Enam tahun kita berjuang untuk mendapatkan tempat tinggal terwujud juga. Setiap aksi kita tanpa kekerasan. Bahkan, setiap aparat yang datang ke Bukit Duri kala itu, kita kasih bunga," ucap Nafsiah.

Perjuangan masyarakat tersebut diakuinya tidak lepas dari peran tokoh-tokoh yang selalu mendukung dan mendampingi warga, seperti Rizal Ramli hingga Jaya Suprana.

"Saya semakin semangat lagi ketika melihat Pak Sandyawan dan Pak Rizal Ramli yang berkenan hadir dalam peresmian Kampung Susun Produktif. Mereka itu yang selalu support kita," sambung Nafsiah.

Di tempat yang sama, Anies Baswedan menegaskan kepada jajarannya untuk tidak mengulangi penggusuran di masa pemerintahan sebelumnya.

"Kita, negara, harus berjanji agar tidak mengulangi peristiwa yang terjadi di Bukit Duri (penggusuran)," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini juga secara khusus menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terus berjuang di barisan warga Bukit Duri dalam mendapat hunian layak.

Salah satu yang disorot adalah tokoh sekaligus begawan ekonomi Rizal Ramli yang ikut menyaksikan peresmian Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung.

"Bang Rizal di sini, terima kasih sudah konsisten memperjuangkan keadilan di tanah ini. Mengapa kita merdeka? Kita ingin ada keadilan, kita ingin ada kesejahteraan, tapi mulainya dengan adil dulu," imbuh Anies. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA