Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Skenario 3 Pasang Capres-Cawapres: Airlangga Menang Meski Dikawinkan dengan Andika atau Ganjar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 25 Agustus 2022, 18:06 WIB
Skenario 3 Pasang Capres-Cawapres: Airlangga Menang Meski Dikawinkan dengan Andika atau Ganjar
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa/Net
rmol news logo Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menjadi tokoh paling diharapkan masyarakat sebagai presiden meneruskan kepemimpinan Joko Widodo di 2024.

Dalam survei yang digelar Indonesia Network Election Survei (INES), Airlangga menjadi kandidat capres yang paling banyak dipilih responden meski dipasangkan dengan beberapa kandidat.

Jajak pendapat INES menyuguhkan skenario tiga pasangan Capres - Cawapres, yaitu Prabowo-Muhaimin; Anies Baswedan-Puan Maharani; dan Airlangga-Andika Perkasa.

Pada skenario ini, pasangan Airlangga-Andika unggul dibanding Prabowo-Muhaimin dan Anies-Puan.

"Pasangan Airlangga-Andika dipilih sebanyak 39,7 persen. Lalu Anies-Puan 16,2 persen, dan Prabowo-Muhaimin 27,9 persen. Yang tidak memilih ada 16,2 persen," kata Direktur Survei INES, Permadi kepada redaksi, Kamis (25/8).

Keperkasaan Airlangga juga terwujud dalam skenario tiga pasang yang menyuguhkan Prabowo-Puan; Anies-AH, dan Airlangga-Ganjar melalui pertanyaan tertutup kepada 1928 responden.

Hasilnya, 41,7 persen memberikan pilihan pada pasangan Airlangga-Ganjar. Kemudian, sebanyak 16,6 persen memilih Anies-AHY, dan 26,3 persen memilih Prabowo-Puan. Sedangkan yang tidak memilih sebanyak 15,4 persen.

Permadi menuturkan, tingginya bakal capres Airlangga meski dipasangkan dengan tokoh lain simetris dengan keinginan masyarakat untuk meneruskan program pemerintahan Jokowi-Maruf.

"Masyarakat menginginkan sosok presiden yang bisa mengelola perekonomian Indonesia pasca kesulitan ekonomi di tahun ini. Itu ada pada Airlangga," demikian Permadi.

Survei tersebut dilakukan pada 5 sampai 19 Agustus 2022 terhadap 1928 responden di seluruh Indonesia mewakili pendapat pemilih secara nasional. Adapun margin of error diperkirakan +/- 2,24 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA